Gempa Tektonik M5,8 Manggarai Tidak Berpotensi Tsunami

Loading

Manggarai, Garda Indonesia | Pada Senin 21 Februari 2022 pukul 19.35.59 WIB atau 20.35.59 WITA wilayah Pantai Utara Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,7. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,12° LS ; 120,70° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 54 Km arah TimurLaut Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 33 km.

Hingga pukul 23.45 WIB atau 24.45 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 40 (empat puluh) aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar M5,4. Hingga Selasa pagi, 22 Februari 2022 pukul 05.48 WIB atau 06.48 WITA, tercatat terjadi 68 gempa bumi susulan.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Labuan Bajo, Maumere, Ende, Soa, Ruteng dengan skala intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah dan di dalam hotel, terasa getaran seakan akan truk berlalu. Daerah Waingapu, Bia, dan Dompu dengan skala intensitas II-III MMI Hasil permodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam rilis resmi menyampaikan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Flores back arc thrust.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” ungkapnya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah,” pinta Bambang Prayitno.

Penulis dan Editor (+roni banase)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *