Pertarungan Partai Pendukung Capres Pemilu 2024

Loading

Oleh : LSI Denny JA

โ€œ๐™‹๐™–๐™ง๐™ฉ๐™–๐™ž ๐™ฅ๐™ค๐™ก๐™ž๐™ฉ๐™ž๐™  ๐™ฎ๐™–๐™ฃ๐™œ ๐™ ๐™ช๐™–๐™ฉ ๐™™๐™–๐™ฅ๐™–๐™ฉ ๐™ข๐™š๐™ข๐™—๐™–๐™ฃ๐™ฉ๐™ช ๐™˜๐™–๐™ก๐™ค๐™ฃ ๐™ฅ๐™ง๐™š๐™จ๐™ž๐™™๐™š๐™ฃ๐™ฃ๐™ฎ๐™– ๐™ฉ๐™š๐™ง๐™ฅ๐™ž๐™ก๐™ž๐™ย  ๐™Ÿ๐™ž๐™ ๐™– ๐™ฅ๐™–๐™ง๐™ฉ๐™–๐™ž ๐™ž๐™ฉ๐™ช ๐™—๐™š๐™ง๐™๐™–๐™จ๐™ž๐™ก ๐™ข๐™š๐™ข๐™ค๐™—๐™ž๐™ก๐™ž๐™จ๐™–๐™จ๐™ž ๐™ฅ๐™š๐™ฃ๐™™๐™ช๐™ ๐™ช๐™ฃ๐™œ๐™ฃ๐™ฎ๐™–.” Kutipan tersebut diucapkan oleh John C. Green, seorang ilmuwan politik yang mempelajari riwayat partai politik dalam hubungannya dengan pemilu presiden.

Pemilu presiden baru akan berlangsung 14 Februari 2024. Namun demikian, peta poros koalisi partai politik pendukung bakal calon presiden sudah semakin terang. Dari 9 (sembilan) partai politik yang berada di DPR 2019, mengerucut ke tiga poros yaitu Partai Poros Prabowo, Partai Poros Ganjar, dan Partai Poros Anies.

Berdasarkan survei terbaru LSI Denny JA Agustus 2023, total perolehan suara partai pro-Prabowo masih yang tertinggi sebesar 39.0%. Perolehan total suara partai pro-Ganjar berada di urutan kedua sebesar 25.2%. Perolehan total suara partai pro-Anies berada di urutan ketiga sebesar 14.5%.

Jika kita sandingkan data pileg 2019 dan data survei Agustus 2023, perolehan suara partai pro-Prabowo terbesar di Pileg 2019 dan juga di survei Agustus 2023.

Demikian salah satu temuan penting dari rilis riset terbaru LSI Denny JA kali ini.

LSI Denny JA melakukan survei tatap muka (face-to-face interview) dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Dengan 1.200 responden, margin of error survei ini sebesar 2.9%. Survei dilakukan pada tanggal 1โ€”8 Agustus 2023. Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement, dan focus group discussion.

๐—•๐—ฎ๐—ด๐—ถ๐—ฎ๐—ป ๐Ÿญ: ๐—ž๐—ผ๐—ฎ๐—น๐—ถ๐˜€๐—ถ ๐—ฃ๐—ฎ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—ถ

Partai Poros Prabowo terdiri dari empat partai politik yaitu Gerindra, Golkar, PKB, dan PAN. Poros Ganjar terdiri dari dua partai politik yaitu PDIP dan PPP. Poros Anies terdiri dari tiga partai politik yaitu Nasdem, Demokrat, dan PKS.

Dilihat dari komposisi partai, 4 dari 7 partai pendukung pemerintahan Jokowi (57 persen) berlabuh ke Prabowo. Sebanyak 2 dari 7 partai pendukung Jokowi (28 persen) mendukung Ganjar. Sementaraย  100 persen partai di luar pemerintahan (Demokrat dan PKS) mendukung Anies Baswedan.

Lebih banyak partai pendukung pemerintahan Jokowi (57 persen) berada di pihak Prabowo. Semua partai di luar pemerintahan Jokowi (oposisi) berada di sisi Anies Baswedan.

Partai poros/pro-Prabowo terbesar dalam perolehan kursi koalisi pada pemilu 2019. Total dukungan ๐—ฑ๐˜‚๐—ธ๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฟ๐—ผ-๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐˜„๐—ผ ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ฟ ๐Ÿฐ๐Ÿฒ.๐Ÿฌ๐Ÿต%. Terdiri dari empat partai, Gerindra sebesar 13.57%, PKB sebesar 10.09%, Golkar sebesar 14.78%, dan PAN sebesar 7.65%.

Total ๐—ฑ๐˜‚๐—ธ๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฟ๐—ผ-๐—š๐—ฎ๐—ป๐—ท๐—ฎ๐—ฟ ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—น๐˜‚ ๐Ÿฎ๐Ÿฌ๐Ÿญ๐Ÿต ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ฟ ๐Ÿฎ๐Ÿฑ.๐Ÿฑ๐Ÿฒ%. Terdiri dari dua partai yaitu PDIP sebesar 22.26ย  dan PPP sebesar 3.30%.

Sedangkan keseluruhan ๐—ฑ๐˜‚๐—ธ๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฟ๐—ผ ๐—”๐—ป๐—ถ๐—ฒ๐˜€ ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ฟ ๐Ÿฎ๐Ÿด.๐Ÿฏ๐Ÿฑ%, ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ฑ๐—ถ๐—ฟ๐—ถ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐—ก๐—ฎ๐˜€๐—ฑ๐—ฒ๐—บ ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ฟ ๐Ÿญ๐Ÿฌ.๐Ÿฎ๐Ÿฒ%, Demokrat sebesar 9.39%, PKS sebesar 8.70%.

Jika dibuat ranking, dari perolehan kursi koalisi di pemilu 2019, Poros Prabowo memimpin, diikuti Poros Anies, baru kemudian poros Ganjar.

๐—•๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐—ฎ ๐—ฝ๐—ฒ๐˜๐—ฎ ๐—ฒ๐—น๐—ฒ๐—ธ๐˜๐—ฎ๐—ฏ๐—ถ๐—น๐—ถ๐˜๐—ฎ๐˜€ ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—ถ ๐—ธ๐—ผ๐—ฎ๐—น๐—ถ๐˜€๐—ถ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ ๐—”๐—ด๐˜‚๐˜€๐˜๐˜‚๐˜€ ๐Ÿฎ๐Ÿฌ๐Ÿฎ๐Ÿฏ?

Berdasarkan survei LSI Denny JA Agustus 2023, perolehan suara ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฟ๐—ผ-๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐˜„๐—ผ ๐—บ๐—ฎ๐˜€๐—ถ๐—ต ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ถ๐—ป๐—ด๐—ด๐—ถ ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ฟ ๐Ÿฏ๐Ÿต.๐Ÿฌ%. Partai Gerindra penyumbang terbesar dengan 15.7%. Diikuti oleh Golkar dengan 12.7%. Kemudian PKB sebesar 6.6%, dan PAN sebesar 4%.

Perolehan suara ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฟ๐—ผ-๐—š๐—ฎ๐—ป๐—ท๐—ฎ๐—ฟ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ ๐˜‚๐—ฟ๐˜‚๐˜๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐—ฑ๐˜‚๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ฟ ๐Ÿฎ๐Ÿฑ.๐Ÿฎ%. PDIP penyumbang terbesar dengan 23.2%. Sedangkan PPP menyumbang 2.0%.

Perolehan suara ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฟ๐—ผ-๐—”๐—ป๐—ถ๐—ฒ๐˜€ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ ๐˜‚๐—ฟ๐˜‚๐˜๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐˜๐—ถ๐—ด๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ฟ ๐Ÿญ๐Ÿฐ.๐Ÿฑ%. Nasdem menyumbang 5.6%. Demokrat menyumbang 3.3%. PKS menyumbang 5.6%. Koalisi partai pendukung Anies merosot total pendukungnya dari nomor 2 (Pemilu 2019) menjadi nomor 3 (survei Agustus 2023).

Terdapat temuan yang menarik ketika kita sandingkan data pileg 2019 dan survei Agustus 2023. Hanya dukungan ke PDIP dan Gerindra yang bertambah karena hanya kedua partai ini yang memiliki capres 2024 dari kader sendiri. PDIP ada Ganjar. Gerindra ada Prabowo.

PDIP di pileg 2019 mendapatkan 22.26%, di survei Agustus 2023 mendapatkan 23.2%. Gerindra di pileg 2019 mendapatkan 13.57%, di survei Agustus 2023 mendapatkan 15.7%. Namun kenaikan serupa tak terjadi di partai pendukung Anies Baswedan karena Anies bukan kader asli dari tiga partai pendukungnya, baik NasDem, Demokrat ataupun PKS.

๐—•๐—ฎ๐—ด๐—ถ๐—ฎ๐—ป ๐Ÿฎ: ๐—ฃ๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—ฟ๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—–๐—ฎ๐—ฝ๐—ฟ๐—ฒ๐˜€ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐——๐˜‚๐—ธ๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ฃ๐—ฎ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—ถ

Survei terbaru LSI Denny JA di Agustus 2023, Prabowo masih paling unggul dibandingkan Ganjar dan Anies. Elektabilitas Prabowo di angka 36.2%. Elektabilitas Ganjar di angka 35.8%. Elektabilitas Anies di angka 19.7%.

Simulasi head-to-head Prabowo dan Ganjar, memperlihatkan keunggulan Prabowo lebih telak. Elektabilitas Prabowo di angka 51.5%. Elektabilitas Ganjar di angka 43.1%. Terdapat selisih sebesar 8.4%

Secara tren elektabilitas data tahun 2023, bulan Januari, Mei, Juni, Juli dan Agustus menunjukkan hal menarik.

Prabowo pertama kalinya ada penurunan 2% dari Juli ke Agustus. Akan tetapi jika dibandingkan Januari dan Agustus, elektabilitas Prabowo ada kenaikan sebesar 10.8%.

Ganjar ada penurunan elektabilitas dari Januari di angka 37.8%, menjadi 31.9% di bulan Mei. Juni, Juli, Agustus, Ganjar mulai rebound, akan tetapi elektabilitas di bulan Agustus (35.8%) belum bisa melampaui perolehan Ganjar di bulan Januari (37.8%)

Elektabilitas Anies stagnan dan ada penurunan sebanyak 2.4% jika dibandingkan elektabilitas di Januari dan Agustus.

๐—•๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐—ฎ ๐˜€๐˜‚๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐—บ๐—ฎ๐˜€๐—ถ๐—ป๐—ด-๐—บ๐—ฎ๐˜€๐—ถ๐—ป๐—ด ๐—ฐ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฟ๐—ฒ๐˜€ ๐—ฑ๐—ถ๐—น๐—ถ๐—ต๐—ฎ๐˜ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐—ธ๐—ผ๐—ฎ๐—น๐—ถ๐˜€๐—ถ ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—ถ?

Prabowo unggul di partai pro-Prabowo dengan dukungan sebesar 59.9%. Partai pro Prabowo yang mendukung Ganjar sebesar 23.6%. Partai pro-Prabowo yang mendukung Anies sebesar 15.4%.

Ganjar unggul di partai pro-Ganjar dengan dukungan sebesar 72.9%. Partai pro Ganjar yang mendukung Prabowo sebesar 14.8%. Partai pro-Ganjar yang mendukung Anies sebesar 8.7%.

Anies unggul di partai pro Anies dengan dukungan sebesar 54.2%. Partai pro Anies yang mendukung Prabowo sebesar 23.1%. Partai pro Anies yang mendukung Ganjar sebesar 20.1%.

Prabowo unggul di semua partai pro-Prabowo, dengan dukungan tertinggi ada di Gerindra sebesar 86.4%. Dukungan tertinggi selanjutnya untuk Prabowo di partai pro Prabowo ada di Golkar (65.6%), PAN (48.9%), dan PKB (38.5%). Dukungan PKB ke Prabowo masih di bawah 40%.

Di partai pro-Ganjar, Ganjar unggul baik di PDIP maupun di PPP. Dukungan tertinggi ada di PDIP sebesar 70.1%. Dukungan PPP terhadap Ganjar sebesar 41.8%.

Di partai pro-Anies, Anies unggul di semua partai pro-Anies dengan dukungan tertinggi ada di PKS (66.0%). Dukungan NasDem terhadap Anies sebesar 52.4%. Dukungan Demokrat terhadap Anies sebesar 44.3%.

Dukungan pemilih Gerindra kepada Prabowo selaku capres yang juga ketua umum Gerindra lebih besarย  (86.4 persen) dibandingkan pemilih PDIP kepada Ganjar selaku capres, tapi bukan ketua umum PDIP (70.1 persen).

๐—•๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐—ฎ ๐—ท๐—ถ๐—ธ๐—ฎ ๐˜€๐—ถ๐—บ๐˜‚๐—น๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐—ต๐—ฒ๐—ฎ๐—ฑ-๐˜๐—ผ-๐—ต๐—ฒ๐—ฎ๐—ฑ ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐˜„๐—ผ ๐˜ƒ๐˜€ ๐—š๐—ฎ๐—ป๐—ท๐—ฎ๐—ฟ? ๐—ž๐—ฒ ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐—ฎ ๐˜€๐˜‚๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฟ๐—ผ-๐—”๐—ป๐—ถ๐—ฒ๐˜€?

Simulasi head-to-head Prabowo vs Ganjar, Prabowo unggul di partai pro-Prabowo. Sedangkan Ganjar unggul di partai pro-Ganjar. Tapi pemilih Partai pro-Anies dalam skema head-to-head, Prabowoย  versus Ganjar, Prabowo mendapatkan dukungan sebesar 64.2%, sedangkan Ganjar mendapatkan dukungan 35.2%.

Pemilih Partai pro-Anies lebih banyak ke Prabowo dibandingkan ke Ganjar denganย  rasioย  hampir dua kali lipat (1.8 : 1).

Di partai pro-Prabowo, Prabowo unggul di semua partai baik itu Gerindra, Golkar, PKB, maupun PAN. Dukungan tertinggi ada di Gerindra sebesar 90.8%. Selanjutnya Golkar sebesar 72.5%, PAN (65.6%), PKB (45.8%)

Di partai pro-Ganjar, Ganjar masih unggul baik di PDIP maupun di PPP. Dukungan tertinggi ada di PDIP sebesar 72.3%. Dukungan PPP terhadap Ganjar sebesar 47.1%.

Di partai pro Anies, semua partai pendukung Anies jauh lebih banyak ke Prabowo. Prabowo unggul di semua partai pro-Anies (NasDem, PKS, Demokrat). Dukungan tertinggi terhadap Prabowo dari partai pro-Anies ada di NasDem sebesar 60.0%. Kemudian Demokrat (57.7%), dan PKS (55.6%).

๐—•๐—ฎ๐—ด๐—ถ๐—ฎ๐—ป ๐Ÿฏ: ๐——๐—ถ๐˜€๐˜๐—ฟ๐—ถ๐—ฏ๐˜‚๐˜€๐—ถ ๐—ง๐—ถ๐—ด๐—ฎ ๐—ฃ๐—ผ๐—ฟ๐—ผ๐˜€ ๐—ฃ๐—ฎ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—ถ

Dari sisi pendidikan, masyarakat dengan pendidikan SD, SMP dan SMA partai pro-Prabowo yang unggul. Di pendidikan SD ke bawah, partai pro-Prabowo mendapatkan dukungan sebesar 41.1%. Urutan kedua adalah partai pro-Ganjar dengan dukungan sebesar 24.5%. Kemudian partai pro-Anies sebesar 12.4%.

Di pendidikan SMP sederajat partai pro-Prabowo unggul dengan dukungan 40.5%. Urutan selanjutnya adalah partai pro-Ganjar dengan dukungan sebesar 25.3%. Kemudian partai pro-Anies sebesar 16.7%

Di pendidikan SMA sederajat partai pro-Prabowo unggul dengan dukungan 40.8%. Urutan selanjutnya adalah partai pro-Ganjar dengan dukungan sebesar 26.3%. Kemudian partai pro-Anies sebesar 13.1%

Di pendidikan tamat D3 ke atas, partai pro-Ganjar yang unggul. Di tingkat pendidikan ini, partai pro-Ganjar mendapatkan dukungan terbesar dengan 24.5%.

Urutan selanjutnya adalah partai pro-Anies dengan 23.6%.

Kemudian partai pro-Prabowo sebesar 19.6%.

Menarik di tingkat pendidikan ini, karena yang menyatakan tidak tahu/tidak menjawab merupakan angka yang tertinggi sebesar 29.5%.

Dalam sisi ekonomi, di semua level ekonomi (di bawah 2 juta/bulan, 2-4 juta/bulan, dan di atas 4 juta/bulan) partai pro-Prabowo yang unggul. Dukungan terbesar dari sisi ekonomi untuk partai pro Prabowo berasal dari level pendapatan di bawah 2 juta/bulan sebesar 44.0%. Kemudian level pendapatan 2-4 juta/bulan sebesar 34.3%, dan di atas 4 juta per bulan sebesar 32.4%.

Partai pro-Ganjar dalam sisi ekonomi, paling tinggi dukungan berasal dari level ekonomi 4 juta/bulan ke atas sebesar 27.2%. Kemudian pendapatan 2-4 juta/bulan sebesar 25.2%, dan di bawah 2 juta/bulan sebesar 24.6%.

Partai pro-Anies paling tinggi dukungan berasal dari ekonomi pendapatan di atas 4 juta/bulan sebesar 20.8%, kemudian 2-4 juta/bulan sebesar 16.9%, dan pendapatan di bawah 2 juta/bulan sebesar 10.9%.

Dari sisi generasi, secara sederhana kita kelompokan generasi berdasarkan usia. Generasi Z berusia 17โ€”21 tahun (lahir 2002 ke atas, dan sudah mempunyai hak pilih). Generasi milenial usia 22โ€”42 tahun (lahir 1981โ€”2001). Usia di atas 42 tahun, dikelompokkan menjadi generasi lainnya.

Di generasi Z, partai pro-Ganjar yang unggul. Di generasi ini partai pro-Ganjar mendapatkan 37.7%. Partai pro-Prabowo mendapatkan 15.8%. Partai pro-Anies mendapatkan 5.4%.

Di generasi milenial partai pro-Prabowo yang unggul. Di generasi ini partai pro-Prabowo mendapatkan 43.6%. Partai pro-Ganjar mendapatkan 24.5%. Partai pro-Anies mendapatkan 15.8%.

Di Generasi lainnya, partai pro-Prabowo kembali unggul. Di generasi ini partai pro-Prabowo mendapatkan 37.2%. Partai pro-Ganjar mendapatkan 24.6%. Partai pro-Anies mendapatkan 14.2%.

Dari sisi teritori wilayah, di 5 (lima) wilayah (Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Maluku-Papua) partai pro-Prabowo unggul. Di Pulau Jawa, partai pro-Prabowo unggul dengan 36.0%, Sumatera (34.4%), Sulawesi (43%), Kalimantan (72%).

Di satu wilayah (Bali-NTB-NTT) partai pro-Anies yang unggul. Di wilayah ini partai pro-Anies mendapatkan 32.5%. Partai pro-Prabowo mendapatkan 23.4%. Partai pro Ganjar mendapatkan 11.6%.

Dari sisi gender, laki-laki dan perempuan, partai pro-Prabowo unggul di keduanya. Di laki-laki partai pro-Prabowo unggul dengan 38.1%. Di perempuan, partai pro Prabowo unggul dengan 39.8%

Di sisi pemeluk agama, di pemilih Islam partai pro-Prabowo yang unggul. Di segmen ini partai pro Prabowo mendapatkan dukungan sebesar 40.2%. Partai pro Ganjar mendapatkan dukungan sebesar 22.5%. Partai pro Anies mendapatkan dukungan sebesar 14.6%.

Di pemilih non-Islam, partai pro-Ganjar yang unggul. Sebesar 44.3% mendukung partai pro Ganjar. Sebesar 30.1% mendukung partai pro Prabowo. Sebesar 13.9% mendukung partai pro Anies.

๐—•๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐—ฎ ๐—ฑ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐˜€๐—ถ๐˜€๐—ถ ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—น๐—ถ๐—ธ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ด๐˜‚๐—ป๐—ฎ ๐—บ๐—ฒ๐—ฑ๐—ถ๐—ฎ ๐˜€๐—ผ๐˜€๐—ถ๐—ฎ๐—น?

Di pengguna E-mail, Facebook, TikTok dan WhatsApp, partai pro-Prabowo unggul. Di pengguna e-mail partai pro Prabowo meraih 34.2%. Di pengguna Facebook meraih 36.5%. Di pengguna TikTok meraih 38.1%. Di pengguna WhatsApp meraih 34.7%.

Di pengguna Twitter (X) dan Instagram, partai pro-Ganjar yang unggul. Di pengguna Twitter (X), partai pro-Ganjar mendapatkan 29.8%. Di pengguna Instagram partai pro-Ganjar mendapatkan 29.1%.

Besar kecilnya dukungan partai memang bukan satu satunya penentu kemenangan Calon Presiden. Kemenangan juga ditentukan oleh kemampuan partai itu memobilisasi pendukungnya untuk datang ke TPS, dan mencoblos capres pilihan partai tersebut.

Mesin partai pendukung Prabowo memang lebih banyak pemilihnya dibanding mesin partai capres Ganjar, juga mesin partai capres Anies.ย  Sisa persoalan kemudian, bagaimana menerjemahkan besarnya pemilih partai agar juga memilih capres yang bersangkutan di bulan Februari 2024ย  nanti, kurang enam bulan lagi.(*)

Link:

https://drive.google.com/file/d/19ifDQryv3BdnWYZNcQJWmLmqxgzKFBQe/view?usp=drivesdk

Rabu, 30 Agustus 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *