PKKMB Mahasiswa Baru PNK;Berorientasi Revolusi Industri 4.0

297 Views

Kupang-NTT, gardaindonesia.id-Politeknik Negeri Kupang (PNK) dalam Tahun Akademik 2018/2019 menyelenggarakan Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 13—15 Agustus 2018 Pukul 08.00-16.40 wita di Kampus PNK.

Ketua Panitia PKKMB, Melsiana R.F.Saduk, S.T.,M.T., saat mendampingi Direktur Politeknik Negeri Kupang (PNK) dalam pembukaan Kegiatan PKKBM, Senin/13 Agustus 2018, menyampaikan, Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Kupang(PKKMB) sebelumnya bernama DIKWAL (Pendidikan Awal) bagi Mahasiswa Baru PNK; bertujuan untuk mempersiapkan & memperkenalkan mahasiswa baru dalam proses transisi mahasiswa yang diisi dengan berbagai kegiatan yang terkait dengan penanaman wawasan kebangsaan, cinta tanah air, bela negara dan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik, dan bidang kemahasiswaan.

“Jumlah peserta yang mendaftar dan mengikuti kegiatan PKKMB berjumlah 1.895 orang, terdiri dari Jurusan Teknik Sipil 351 orang,Teknik Mesin 220 orang,Teknik Elektro 329 orang, Administrasi Bisnis 364 orang, Akuntansi 348 orang, dan Pariwisata 263 orang,“jelas Melsiana.

“Program ini juga dimaksudkan untuk menciptakan keakraban yang harmonis antara mahasiswa baru dan mahasiswa lama serta dengan seluruh civitas PNK,“ ungkap Melsiana.

Direktur Politeknik Negeri Kupang, Nonce Farida Tuati,S.E.,M.Si., saat membuka kegiatan PKKMB, menyampaikan ucapan Selamat Datang kepada Mahasiswa Baru di Politeknik Negeri Kupang.

“Saya harap adik-adik dapat segera menyesuaikan diri dan mampu berkarya dan berprestasi secara baik dengan sistem akademik yang ada di kampus ini. Kiranya Politeknik menjadi tempat belajar yang akan menunjang harapan dari adik-adik sekalian, “ujar Nonce

“Mahasiswa baru yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi pasti akan merasakan berbagai perbedaan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan pembelajaran yang ditempuh sebelumnya, “kata Nonce.

Selanjutnya,Direktur PNK ini mengatakan, “PKKMB ini merupakan titik tolak pembinaan idealisme, menanamkan dan memperkuat rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter religius, idealis, mandiri, gotong-royong, dan berintegritas.“

Direktur Politeknik Negeri Kupang(PNK) juga berpesan, “Kelak kamu akan menjadi alumni yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak dan berdaya saing global; Sehingga dalam kegiatan PKKMB 3 (tiga) hari kedepan adik-adik lebih banyak mendapatkan materi yang berwawasan kebangsaan dan dalam menghadapi era revolusi industri 4,0 atau Era Digital yang menekankan kepada kita pada pola Digital Economy, artifficial intellegence, big data, robotic dan sebagainya.“

Salah satu peserta PKKMB, Yohana, Jurusan Teknik Sipil, merasa senang terhadap kegiatan PKKMB yang di ikutinya, sebelum masuk kuliah di Politeknik Negeri Kupang, Sebagai pendidikan vokasi yang mana 60% praktek dan 40% teori. “Saya lebih cepat nangkap; ketika kuliah nanti lebih banyak ke praktikum,“ ujarnya. (*/roberto+rb)