Djemy Lassa Bermimpi Cetak “Pengusaha Baru“

147 Views

Kupang-NTT, gardaindonesia.id-Djemy Lassa, S.T., Pengusaha Muda asal Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), bermimpi mencetak Pengusaha Baru dari ribuan Mahasiswa Baru yang hadir memadati Aula Serba Guna Politeknik Negeri Kupang (PNK), Selesa/14 Agustus 2018 petang.

Mimpi tersebut tercetus saat Djemy Lassa memaparkan materi tentang entrepreneur, Kewirausahaan & Masa Depan Era Digital bagi Mahasiswa Baru dalam Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Negeri Kupang Tahun Akademik 2018/2019.

Djemy Lassa yang menamatkan pendidikan menengah atas dari SMA Negeri 1 So’E-TTS; mengajak Mahasiswa Baru PNK untuk mulai berpikir menjadi enterpreneur/wirausaha sebagai salah satu alternaltif bagi masa depan.

“Kenapa Harus Menjadi Pengusaha atau Enterpreneur?“ tanya Djemy kepada sekitar 1.895 Mahasiswa Baru Politeknik Negeri dari Jurusan Teknik Sipil 351 orang,Teknik Mesin 220 orang,Teknik Elektro 329 orang, Administrasi Bisnis 364 orang, Akuntansi 348 orang, dan Pariwisata 263 orang.

Pengusaha yang memulai karier dengan menjual komputer ini; kemudian menguraikan alasan-alasan mengapa harus menjadi pengusaha:

Alasan Pertama, Menjadi pengusaha gampang-gampang susah, Namun jika ada 10% Pengusaha saja dapat memberikan kontribusi bagi Provinsi Nusa Tenggara Timur;

Alasan Kedua, Jumlah Pengusaha menentukan sejahteranya sebuah Bangsa; karena Bangsa yang sejahtera Jika ekonominya kuat dan dapat menguasai ekonomi dunia;

Alasan Ketiga, Mengatasi penggangguran dengan meningkatkan jumlah Pengusaha; Pengusaha Semakin banyak, dapat Membuka Lapangan Usaha Baru dan menyerap tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka kemiskinan;

Lulusan Universitas Kristen Petra Surabaya bergelar Sarjana Teknik ini mengatakan bahwa “Semangat” tidak boleh hilang dari dalam diri karena merupakan modal utama menjadi Pengusaha.

Djemy Lassa mengajak; mulai hari ini berpikir menjadi pengusaha dan mencoba melakukan hal baru dalam dunia usaha.

Djemi Lassa juga mengajak Mahasiswa Baru PNK untuk kuliah dan bermimpi menjadi pengusaha dengan mengubah cara berpikir yang visioner; seperti cara berpikir Pengusaha Ciputra; Mengutip kata Ciputra, “Pengusaha adalah orang yang dapat mengubah sampah menjadi emas, Karena melihat sesuatu dengan cara yang berbeda“

Djemy Lassa kemudian memberikan resep menjadi Pengusaha harus punya 10 Keberanian diantaranya:
1. Berani Memulai
2. Berani Malu
3. Berani Berjerih Payah
4. Berani Beda
5. Berani Mengambil Peluang
6. Berani Gagal
7. Berani Rugi
8. Berani Bersaing
9. Berani Bersyukur
10. Berani Taat

Sekadar Informasi, (Entrepreneurship) merupakan proses kegiatan kreativitas dan inovasi menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber-sumber yang ada untuk menghasilkan nilai tambah bagi diri sendiri dan orang lain serta memenangkan persaingan.

Istilah Entrepreneurship diapdosi dari Bahasa Perancis, entreprendre yang berarti melakukan (to under take), memulai atau berusaha melakukan tindakan mengorganisir dan mengatur. (+rb)

(Visited 1 times, 1 visits today)