BMKG: Masuk Musim Pancaroba, Prakiraan Hujan di Akhir November

103 Views

Kupang-NTT, gardaindonesia.id | Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meterologi Eltari menyampaikan kondisi suhu dan prakiraan cuaca bahwa sekarang memasuki musim pancaroba yang ditandai dengan peningkatan suhu yang tinggi sehingga terbentuk awan-awan konvektif yang menghasilnya hujan sedang-lebat dalam waktu singkat.

Prakirawan BMKG ElTari Kupang, Ni Putu Nonik Prianti kepada media ini melalui pesan Whatsapp, Kamis/18 Oktober 2018 pukul 14.00 WITA, mengatakan Nusa Tenggara Timur belum memasuki musim hujan, namun musim kemarau pun masih ada peluang untuk turun hujan.

“Sekarang sudah memasuki musim pancaroba dan belum memasuki musim hujan namun musim kemarau pun masih ada peluang untuk turun hujan, “jelas Ni Putu Nonik

Lanjut Ni Putu Nonik, Menurut prakiraan Stasiun Klimatologi Lasiana Kupang, musim hujan di Pulau Timor dimulai dari dasarian III November hingga dasarian II Desember.

Berdasar update peringatan dini cuaca NTT tanggal 18 Oktober 2018 pukul 14.41 WITA, masih terjadi hujan dengan intensitas sedang di wilayah Benu, Camplong, Soe, Fatuleu, Molo, Amanuban , Noebeba dan akan meluas ke Nunbena dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 15.20 WITA. (+rb)