Teh Kelor – Suguhan Resmi bagi Tamu Pemerintah Provinsi NTT

195 Views

Kupang-NTT, gardaindonesia.id | Pemprov NTT telah mencanangkan suguhan Teh Kelor (marungga-red) atau moringa oleifera bagi para tamu jajaran pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pengamatan media ini semua tamu yang memadati ruang tunggu Gubernur 2 (Wakil Gubernur) disuguhi ‘Teh Kelor’ yang kaya akan manfaat, (Rabu pagi,7/11/18).

Nampak para tamu sangat takjub dan menikmati suguhan teh kelor dan kudapan pisang goreng. Penampilan warna hijau teh kelor menggugah minat dan selera untuk mencoba sekaligus mencicipi rasa yang dihasilkan dari teh kelor.

Para pengurus PUSPA (Partisipasi Publik Untuk Kesehjateraan Perempuan dan Anak) ikut menikmati suguhan teh kelor bersama dengan para tamu.

Gubernur 2 NTT Josef Nae Soi saat audiens dengan PUSPA NTT di ruang kerjanya (Rabu,7/11/18) mengatakan saat kami (Viktor Laiskodat & Josef Nae Soi) kampanyekan kelor/marungga; banyak orang yang tertawa, tidak dianggap dan dihina hingga diberi predikat Gubernur Kelor namun sekarang kelor menjadi viral.

“Teh kelor wajib hukumnya untuk disuguhkan oleh seluruh SKPD dan semua pegawai di Kantor Gubernur untuk menyuguhkan teh kelor. Dan mulai minggu depan bakal disuguhkan kudapan berupa bolu kelor,” jelas Gubernur 2 NTT.

Masyarakat masih malu untuk mengkonsumsi kelor meski banyak pohon kelor tersebar di sekitar; telah dikeluarkan Instruksi kepada para OPD, SKPD dan jajaran Pemprov NTT untuk mulai menanam kelor.
“Kita harus mulai mempopulerkan kelor dimulai dari Gubernur, Wakil Gubernur, OPD dan SKP. Kelor bakal menjadi menu kehormatan dalam suguhan bagi tamu kehornatan Pemprov NTT,” himbau Josef Nae Soi.

Dikutip dari wikipedia.org; Kelor atau marungga berjasa sebagai penambah kesehatan berharga murah selama 40 tahun. National Institute of Health (NIH) pada 21 Maret 2008 mengatakan, bahwa pohon kelor “Telah digunakan sebagai obat oleh berbagai kelompok etnis asli untuk mencegah atau mengobati lebih dari 300 jenis penyakit. Tradisi pengobatan ayurveda India kuno menunjukkan bahwa 300 jenis penyakit dapat diobati dengan daun moringa oleifera.

Manfaat utama daun kelor adalah: Meningkatkan ketahanan alamiah tubuh; Menyegarkan mata dan otak; Meningkatkan metabolisme tubuh; Meningkatkan stuktur sel tubuh; Meningkatkan serum kolesterol alamiah; Mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit; Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal; Memperindah kulit; Meningkatkan energi;Memudahkan pencernaan; Antioksidan; Memelihara sistem imunitas tubuh; Meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan; Bersifat anti-peradangan; Memberi perasaan sehat secara menyeluruh dan Mendukung kadar gula normal tubuh.

Selain itu, daun kelor juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan karena kekurangan vitamin dan mineral seperti kekurangan vitamin A (gangguan penglihatan), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan vitamin B1 (beri-beri), kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan gusi), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan zat besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak).

Penulis dan Editor (+ rony banase )

(Visited 1 times, 1 visits today)