Terima Mahasiswa KKN Undana, Kel.Merdeka & Tode Kisar Optimalisasi Layanan

590 Views

Kota Kupang, Garda Indonesia | Sejak tanggal 8—13 Juli 2019, Mahasiswa KKN Undana sebanyak 3.004 disebar dan akan menempati lokasi di 13 kab/kota dan 15 lokasi kampus dan didampingi 1 (satu) orang Dosen Pendamping Lapangan (DPL). Seperti sebaran Mahasiswa KKN Undana di lokasi Kota Kupang yakni di Kelurahan Merdeka dan Tode Kisar.

Para mahasiswa KKN semester ganjil 2019/2020 yang peroleh penempatan di Kelurahan Merdeka dan Tode Kisar diserahkan oleh DPL, Ir Kudji Herewila,M.Si., kepada aparat kelurahan untuk selanjutnya melaksanakan Kuliah Kerja Nyata hingga tanggal 30 Agustus 2019.

Sebanyak 8 (delapan) Mahasiswa KKN Undana ditempatkan di Kelurahan Merdeka Kecamatan Kota Lama Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara; diterima oleh Sekretaris Kelurahan Merdeka, Merrie.R.Kana pada Rabu, 10 Juli 2019 pukul 08:30 WITA, para mahasiswa KKN mulai mempersiapkan diri untuk membantu dan memperlancar kegiatan di Kelurahan Merdeka.

Sekretaris Kelurahan Merdeka, Merrie.R.Kana

Kepada Garda Indonesia, Sekretaris Lurah Merdeka menyampaikan bahwa seperti Mahasiswa KKN sebelumnya selalu dilibatkan dalam administrasi di kelurahan

 

“Yang paling penting itu kami butuh database kelurahan berupa pengisian Aplikasi ProDesKel (Profil Desa/Kelurahan) dan mereka dapat turun ke RT/RW untuk memperoleh data. Jadi kehadiran Mahasiswa KKN Undana sangat pas dan sesuai dengan kondisi saat ini”, ujar Merrie.

Selain itu, terang Merrie, Mahasiswa KKN Undana di Kelurahan Merdeka dapat membantu kegiatan-kegiatan di masyarakat seperti posyandu balita dan lansia.

Foto bersama Mahasiswa KKN Undana, DPL, Sekretaris Lurah Merdeka dan staf

“Dan, Biasanya Mahasiswa KKN Undana saat semester ganjil ini terlibat juga sebagai panitia HUT Kemerdekaan RI”, tandas Sekretaris Lurah Merdeka dengan pangkat/golongan 3D ini kepada Garda Indonesia.

Sedangkan, Sekretaris Lurah Tode Kisar, Yan.P.Banunaek,S.Sos., saat menerima 7 (tujuh) Mahasiswa KKN Undana menyampaikan tentang pentingnya penilaian jujur dan obyektif terhadap masa Kuliah Kerja Nyata

“Kami akan berlaku obyektif dan tidak membedakan adik atau saudara. Jadi adik-adik mahasiswa harus tertib menjalankan program kerja dan menanamkan kebersamaan karena kami tidak mau datang hanya mengisi absensi lalu menghilang”, tutur Seklur Tode Kisar.

DPL Mahasiswa KKN Undana di Kelurahan Tode Kisar, Ir Kudji Herewila,M.Si., saat memberikan arahan dan didampingi oleh Sekretaris Kelurahan

Sementara itu, DPL Mahasiswa KKN Undana di Kelurahan Merdeka dan Kelurahan Tode Kisar, Ir. Kudji Herewila,M.Si., mengatakan bahwa dosen diwajibkan menyampaikan laporan selaku DPL dan Undana juga telah menyiapkan administrasi sebagai penilaian terhadap Mahasiswa KKN

“Penilaian ada, terdapat lembaran penilaian yang diisi oleh pihak kelurahan berupa laporan rencana kegiatan, kinerja mahasiswa, laporan pelaksanaan dan responsis jumlah nilai. Kemudian, Hasil penilaian DPL dijumlahkan dengan penilaian kelurahan dan dibagi dua”, terang Kudji Herewila.

Lanjutnya, Mahasiswa KKN juga diwajibkan terlibat dalam kegiatan masyarakat seperti K1 (Kegiatan kelurahan); K2 (kegiatan yang berhubungan dengan disiplin ilmu); dan K3 (kerja di tengah masyarakat)

“Karena belum selesai profil desa/kelurahan online di Kelurahan Tode Kisar maka tugas kalian (Mahasiswa KKN Undana,red) untuk membantu kelurahan turun sensus dan mengisi profil kelurahan”, tandas Dosen Faperta Undana ini kepada Mahasiswa KKN.

Penulis dan editor (+rony banase)

(Visited 74 times, 1 visits today)