PKBM Bintang Flobamora Lolos Seleksi Enam Besar PKBM Terbaik Se-Indonesia

760 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM Bintang Flobamora sebagai salah satu lembaga pendidikan kesetaraan yang berbasis vokasi dan berlokasi di Jalan Air Lobang III No 1 Kel. Sikumana Kota Kupang-Provinsi Nusa Tenggara Timur; lolos tahapan seleksi dari Kementerian Pendidikan Direktorat PAUD dan Dikmas.

PKBM Bintang Flobamora berhasil Lolos sebagai 6 (enam) besar seleksi administrasi dan verifikasi lapangan sebagai Lembaga PKBM Terbaik Nasional dalam rangka Apresiasi Kelembagaan PKBM Terbaik Nasional Tahun 2019 yang mendorong pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

Pernyataan ini disampaikan oleh Polikarpus Do, Ketua PKBM Bintang Flobamora Kota Kupang kepada Garda Indonesia pada Sabtu, 3 Agustus 2019 pukul 19:22 WITA.

Melalui pesan Whatsapp, Poli sapaan akrabnya menyampaikan PKBM Bintang Flobamora mengantongi izin operasional dari Dinas Pendidikan No. DIS. PPO. 073.3/PLS/1011/2013. Dengan visi menciptakan insan cerdas, mandiri, sejahtera dan kompetitif, PKBM Bintang Flobamora memiliki Program Pendidikan Kesetaraan Paket A (setara SD); Paket B (setara SMP); Paket C (Setara SMA).

Ketua PKBM Bintang Flobamora Kota Kupang, Polikarpus Do

Selain itu, beber Poli, PKBM Bintang Flobamora dengan program inovasi berbasis ketrampilan/vokasi dan pemberdayaan akan mempresentasikan karya program-program PKBM, inovasi dan pengembangan PKBM.

“Pada tanggal 4—7 Agustus 2019, saya ke Banten untuk presentasikan karya program-program PKBM, inovasi dan pengembangan PKBM untuk merebutkan Juara 1, 2 dan 3”, ungkap Poli.

Lanjutnya, Kementerian Pendidikan Direktorat PAUD dan Dikmas dalam proses seleksi melakukan 3 (tiga) tahapan penilaian berupa:

Pertama, Seleksi administrasi , legalitas lembaga, manajerial kelembagaan dan program-program inovatif yang berdampak besar terhadap peningkatan SDM dan kesejahteraan masyarakat;

Kedua, Tim kementerian melakukan uji petik atau verifikasi lapangan , melihat langsung kegiatan-kegiatan dan program-program yang dilaksanakan di PKBM. Setelah tim melakukan verifikasi lapangan ditetapkan 6 PKBM Se-Indonesia yang lolos 6 besar sebagai PKBM Terbaik. Kemudian 6 PKBM terbaik diundang untuk memaparkan program-program inovasinya . Dari hasil pemaparan itu akan ditentukan 3 besar PKBM Terbaik Nasional peringkat 1, 2, dan 3;

Ketiga, Tahapan penilaian pemaparan atau presentasi program-program dan inovasi program dihadapan penilai pada tanggal 4—7 Agustus 2019.

Ketika ditanya Garda Indonesia apa saja yang telah dipersiapkan PKBM Bintang Flobamora, Polikarpus Do menjawab,
“Saya telah mempersiapkan materi dalam bentuk karya nyata , dalam bentuk power point dan vidio tentang semua aktivitas pembelajaran dan kegiatan pemberdayaan masyarakat”, ungkapnya.

Selamat Berjuang Pak Poli, Harumkan nama PKBM Bintang Flobamora, Kota Kupang dan Provinsi Nusa Tenggara Timur di kancah nasional.

Penulis dan editor (+rony banase)

(Visited 95 times, 1 visits today)