KSMM Helat Seleksi Cerdas Cermat Matematika Serentak Se-Daratan Timor & Rote Ndao

420 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Kelompok Studi Mahasiswa Matematika (KSMM), Prodi Matematika FKIP Undana melaksanakan seleksi serentak lomba Cerdas Cermat Matematika (CCM) XII se-daratan Timor, Flores Timur dan Rote Ndao pada tingkat Sekolah Dasar (SD). Seleksi dilakukan di pada Sabtu, 10 Agustus 2019, di 5 (lima) kabupaten dan Kota Kupang.

Ketua panitia pelaksana CCM XII se-Daratan Timor, Flores Timur dan Rote Ndao, Florianus Rayoan ketika ditemui disela-sela seleksi tingkat Kota Kupang yang berlangsung di SD Kristen Citra Bangsa, mengatakan bahwa peserta tahun ini sebanyak 81 tim untuk Daratan Timor dan Rote Ndao.

“Hari ini seleksi hanya untuk daratan Timor dan Rote Ndao. Flores Timur dilakukan minggu depan.”, jelas mahasiswa semester 7 itu.

Dirinya menjelaskan bahwa tahun ini pendaftaran dibuka selama 2 minggu. Lanjutnya waktu pendaftaran tidak terlalu lama namun peserta tahun ada peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Peserta tahun ini meningkat cukup drastis. Kalau Rote Ndao, ini tahun perdana mengikuti CCM”, jelas Flori sapaan akrabnya.

Dirinya juga sangat berterima kasih kepada seluruh tim yang sudah berpartisipasi, walaupun belum semua sekolah mengikuti kegiatan tersebut karena ada beberapa kegiatan lainnya.

“Kami bahagia dan berterima kasih karena peserta tahun ini ada peningkatan. Ada beberapa sekolah yang tidak bisa ikut karena ada berbagai kegiatan menyongsong HUT RI”, ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Serli Marlina P. Lede, S. Pd, guru pendamping dari SDN Oeba 3 mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi siswa-siswi SD untuk melatih mental serta melatih siswa untuk berkompetisi secara sportif.

“CCM ini sangat bagus karena selain membiasakan siswa untuk berkompetisi juga dapat menguji kemampuan siswa”, jelas Serli.

Serli mengisahkan bahwa SDN Oeba 3 baru pertama kali mengikuti kegiatan tersebut, namun para peserta yang diutus sudah dipersiapkan dengan baik, sehingga dirinya optimistis anak-anaknya bisa lolos ke babak selanjutnya.

“Kita sudah memberikan banyak bimbingan dan latihan soal-soal secara intensif sehingga kita optimistis bisa lolos ke babak 32 besar”, jelasnya.

Dirinya juga berharap kegiatan CCM ini terus berlanjut dan dapat menghimpun lebih banyak peserta lagi, sehingga kemampuan anak-anak bisa lebih ditingkatkan lagi serta terus melatih mental mereka dalam berkompetisi.

Sementara itu, Marvel Messakh, peserta dari SDK Hosana Kupang, mengatakan bahwa walaupun baru pertama kali mengikuti seleksi CCM namun dirinya sangat senang.

“Ya, gampang-gampang susah “, ujar Marvel ketika ditanya terkait soal tes yang diberikan.

Hal menarik lainnya diungkapkan oleh Mervel dan mematahkan stigma buruk masyarakat tentang matematika yang dianggap sebagai hantu bagi sebagian besar siswa.

“Matematika itu asyik karena hanya tulis angka saja tidak perlu tulis huruf”, ujar Marvel meyakinkan.

Perdana mengikuti lomba CCM, namun siswa kelas 6A itu yakin timnya akan lolos ke babak 32 besar.
“Yakin karena bisa kerja semua soalnya”, ujar Marvel penuh percaya diri.

Adapun tim yang mendaftar pada CCM XII tahun 2019, dari Kota Kupang sebanyak 37 team, Kabupaten Kupang sebanyak 8 tim, 6 team dari Kabupaten belu, Kabupaten TTU sebanyak 7 tim serta Kabupaten TTS 11 tim dan Rote Ndao 12 tim.(*)

Penulis (*/Joe Tkikhau)
Editor (+rony banase)

(Visited 12 times, 1 visits today)