Wisata Literasi IGI Flotim & Hasrat Menulis Siswa SMPS St. Antonius Padua

432 Views

Oleh Helmy Tukan, S.Pd.

Larantuka, Garda Indonesia | Terik Surya pada sisa hari ini tak sedikitpun melunturkan semangatku bersama teman-teman pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Flores Timur untuk terus menyusuri setiap jalan dan kelokan pada tubuh Tanah Lamaholot ini.

Sang Surya begitu angkuh meski ia tahu bahwa senja akan segera hadir untuk menjemputnya pulang, entah kemana akupun tak tahu yang kutahu hanyalah cerita usang tentang senja yang menjadi pembatas antara siang dan malam. Ya itulah alur hidup, selalu berotasi pada garis-garis yang sudah ditentukan oleh Sang Khalik.

Begitupun denganku, bersama teman-teman guru pegiat literasi menghentakkan jalanan dengan banyak tikungan dan tanjakkan. Melewati desa dan dusun keluar dari pusat kotaku, Larantuka. Aku begitu bersemangat meski banyak juga aktivitas harianku ketika IGI memanggil tak sedikitpun ada kata penolakan.

Sore itu tepatnya Jumat, 30 Agustus 2019, IGI Flores Timur mengadakan kegiatan literasi di Desa Leworahang tepatnya di SMPS St. Antonius Padua, sebuah sekolah swasta di desa yang sunyi di pelosok tanah Flores Timur.

Salah satu sekolah yang cukup diunggulkan di Kecamatan Lewoleba Kabupaten Flores Timur. Aku bersama teman, Pa Frans Berek,M.Pd. selaku Ketua IGI Flores Timur dan Pa Paul Tukan,M.Pd. yang juga pengurus IGI Flores Timur.

Abdul Malik, pegiat literasi budaya dan siswa-siswi SMPS St. Antonius Padua

Kegiatan wisata literasi kali ini cukup istimewa karena dihadiri salah seorang peserta Seniman Mengajar Indonesia 2019 dari Kemendikbud yaitu Pa Abdul Malik seorang pegiat literasi budaya. Beliau merupakan penulis aktif di media cetak Tempo, beliau juga seorang penulis budaya yang sangat aktif di bidangnya.

Kehadiran mereka di Flores Timur dengan tujuan utama untuk memberikan penguatan kepada para pemegang peranan penting dalam Festival Budaya Lamaholot (Nubun Tawa) bersama beberapa rekannya. Pa Malik begitu bersemangat menggali kembali budaya Lamaholot yang mungkin akan punah jika tidak dilestarikan.

Kehadiran Pa Malik begitu memberikan semangat yang luar biasa bagi kami. Sebagai pengurus IGI dan juga tentunya bagi anak-anak Sekolah SMPS Antonius, dalam waktu 1 jam, anak-anak sudah menghasilkan karya tulis berupa puisi dan cerpen yang merupakan ruangan kisah kasih pengalaman mereka bersama alam dan bersama orang-orang sekitar mereka.

Aku begitu bangga, salut pada semangat anak-anak ini, tak perlu banyak berteori tentang tulis menulis, cukup give big spirit for us.

Tidak perlu berpikir yang susah-susah, tulislah apa yang kau alami, apa yang pernah kau rasakan. Tarikan penamu di kertas itu, entah apa jadinya nanti yang penting kamu bisa tuangkan segala rasamu.

Pa Malik memberikan banyak pengetahuan dan informasi seputar literasi. Beliau ingin agar kabupaten ini benar-benar menjadi Kabupaten literasi, tidak hanya diatas kertas namun harus dibuktikan melalui aksi nyata. Beliau sangat salut dengan para Guru di SMPS St Antonius yang telah menjadikan sekolahnya sebuah sekolah yang cinta akan budaya literasi.

Ini dibuktikan dengan adanya majalah dinding kelas dan majalah dinding sekolah. Tulisan karya anak yang luar biasa dan pantas diapresiasi. Segala gerak laku siswa-siswi yang menunjukkan anak yang tahu budaya sopan santun. Di akhir kegiatan Pa Malik mengajak Sekolah dan IGI Flores Timur untuk membangun kerjasama yang lebih lanjut. Sekembalinya Pa Malik ke Kota Malang.

Terimakasih Pa Malik, atas kerelaan bisa bersama kami di SMPS St Antonius Padua, terima kasih juga Pa, atas kepercayaan Bapa, menjadikan buku-buku karya guru dan siswa-siswi Flores Timur dalam membuat laporan kegiatan Bapa sebagai seniman mengajar di kabupaten kami.

Terima kasih juga Romo Kepala Sekolah SMPS St Antonius Padua,Rm Yohanes Don Bosco Tokan, Pr.  Semoga di bulan Oktober nanti, IGI Flotim sudah dapat membantu menerbitkan buku karya siswa-siswi sekolah ini.

Share and growing together, IGI Flores Timur. Bisa! (*)

Penulis (*/Guru dan Pegiat Literasi di Flores Timur)
Editor (+rony banase)

(Visited 17 times, 1 visits today)