SD GMIT Soe I Versus SDK Hosana Kupang Pada Babak Grand Final CCM Ke-12

931 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Sebanyak empat tim berhasil lolos ke babak final pada gelaran babak 4 besar lomba Cerdas Cermat Matematika (CCM) XII sedaratan Timor, Flores Timur dan Rote Ndao. Menariknya Pada Babak Grand Final akan berhadapan SD GMIT Soe I melawan SDK Hosana Kupang.

Baca juga :

https://gardaindonesia.id/2019/09/26/tiga-tim-dari-kabupaten-lolos-babak-8-besar-cerdas-cermat-matematika-ke-12/

Empat tim yang lolos ke babak final berasal dari kedua sekolah tersebut. SD GMIT Soe I tim C lolos dengan skor tertinggi 600 di susul SDK Hosana dengan skor 450. Keduanya dinyatakan lolos setelah unggul atas SDK st. Kristoforus Ba’a tim A dan SDN Bertingkat Naikoten tim A.

Sementara SD GMIT Soe I tim A unggul dengan skor 550, dan SDK Hosana tim A melengkapi formasi finalis dengan skor 400. Dua tim dari SDK Dian Harapan harus terhenti langkahnya pada babak 8 besar.

Pertarungan kedua sekolah pada babak Grand Final CCM XII yang akan digelar Sabtu, 28 September 2019 merupakan yang pertama dalam sejarah perhelatan lomba CCM.

Ketua Panitia CCM Ke-XII, Florianus Rayoan mengatakan bahwa momen seperti ini jarang sekali terjadi dalam setiap lomba.

“Jarang sekali terjadi seperti ini, dan babak final CCM XII akan tercacat dalam sejarah perhelatan CCM dari tahun ke tahun,” jelas mahasiswa semester 7 itu.

Selain pertama kali mempertemukan dua sekolah dalam babak final, SD GMIT Soe I juga mencatatkan nama sekolahnya sebagai sekolah pertama dari Kabupaten yang berhasil lolos ke babak grand final.

“Biasanya tim-tim dari Kabupaten hanya sampai pada babak 8 besar,” ungkap Rayoan.

Dirinya menyebutkan persaingan pada babak final akan sangat ketat karena ke empat tim akan bersaing habis-habisan untuk mengangkat nama sekolah masing-masing.

“Luar biasa persaingan nanti. Kita berharap semua tim bisa menampilkan semua kemampuan yang dimiliki,” ujar Rayoan.

Salah satu hal menarik lainnya yang akan terjadi pada babak final nanti yaitu gelaran lomba akan menyajikan tiga babak bagi para finalis untuk memperebutkan gelar juara.

“Ada tiga babak lomba yaitu babak wajib bagi semua tim, babak rebutan dan juga babak permainan,” jelas Agnes Hendrik, Koordinator Seksi Lomba.

Agnes menjelaskan bahwa dari babak 32 besar sampai pada babak 8 besar, hanya menyajikan sesi soal wajib. Lanjutnya soal rebutan juga sudah menjadi hal lumrah dalam setiap perlombaan.

“Yang berbeda dalam CCM adalah sesi permainan pada babak final yang juga masuk dalam penilaian,” pungkas Agnes.(*)

Penulis (*/Joe Tkikhau)
Editor (+rony banase)

(Visited 53 times, 1 visits today)