oleh

Rotary Kupang Central Konsisten Lakukan Bakti Sosial di Kabupaten Kupang

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Dalam kurun waktu Oktober 2019—Januari 2020, Rotary Kupang Central telah melaksanakan 4 (empat) kali kegiatan ‘Medical Camp & Education Mission’ yang mengambil lokasi di beberapa kecamatan di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Seperti yang dilaksanakan pada Sabtu, 11 Januari 2020, Rotary Kupang Central kembali menyelenggarakan program ‘Medical Camp & Education /Literacy Mission’ sebagai lanjutan dari program Safari Baksos (Bakti Sosial) berupa Pengobatan gratis dan edukasi /literasi bekerja sama dengan 8 puskesmas dan sekolah tingkat SD dan SMP di Kabupaten Kupang.

Kunjungan Wakil Bupati Kupang, Jerri Manafe di Lokasi Baksos Rotary Kupang Central

Presiden Rotary Kupang Central, Ratna Pongkapadang pada Selasa, 14 Januari 2020, menyampaikan bahwa jalinan hubungan kerja sama yang telah terjalin antara Rotary Club dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang yang mendasari pelaksanaan baksos.

“Naibonat merupakan lokasi yang ke-4 yang mana sebelumnya baksos dilaksanakan di Sulamu pada 26 Oktober 2019 , di Desa Kuanheun, Kecamatan Amabi Oefeto pada 23 November 2019, dan di Oekabiti pada 30 November 2019,” ungkapnya.

dr Fenny Melita (rotarian) sedang melakukan pemeriksaan kesehatan dalam sesi baksos Rotary Kupang Central

Mengenai jumlah pasien yang telah terlayani dalam empat kali pengobatan gratis yang diselenggarakan oleh Rotary Kupang Central, Ratna menyampaikan lebih dari 1,000 orang terlayani. “Selama program baksos tersebut sebanyak 1,000 pak susu cair siap minum dan biskuit juga dibagikan pada anak usia 3—13 tahun sebagai bagian dari program gizi Rotary Kupang Central,” bebernya.

Di samping itu, ujar Presiden Rotary Club Wanita di Distrik 3420 untuk Indonesia Timur ini, Program Edukasi & Literasi yang dilaksanakan oleh Interact Club, klub anak remaja usia 13—17 binaan Rotary Kupang Central telah menjangkau 800 anak SD dan SMP dan dalam melaksanakan program Medical Camp & Education/Literacy Mission ini, Rotary Kupang Central bekerja sama dengan para relawan medis Kota Kupang, Fakultas Kedokteran Undana dan RSUD Naibonat.

Program Literasi dari Interact Fortuna Kupang bagi anak-anak SD

“Adapun tujuan daripada Medical Camp adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi sebagian masyarakat kurang mampu di Kabupaten Kupang yang memiliki keterbatasan akses berobat, dan direkomendasikan oleh Kepala Puskesmas Fatukanutu, Sulamu, Oekabiti, Naibonat, Camplong, Tarus, Pariti, Baumata dan Oesao,” tutur Ratna.

Lanjutnya, “Sedangkan tujuan dari Education & Literacy Mission adalah memberikan motivasi bagi siswa SD/SMP untuk berkompetisi dalam Cerdas Cermat dan mendorong minat membaca dalam program Lomba Membaca Bahasa Indonesia”.

Sambungnya, “Dalam program baksos ini, anak-anak remaja Interact Club juga memberikan makanan pada hewan peliharaan berupa anjing dan kucing di setiap tempat pelayanan sebagai bagian dari program menyayangi hewan”. (*)

Sumber berita dan foto (*/Rotary Club Kupang Central)
Editor (+rony banase)

News Feed