PLN Sinkron PLTMG Kupang Peaker, Sistem Listrik Pulau Timor Semakin Handal

150 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Nusra optimistis Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Kupang Peaker Commercial Operation Date (COD) pada semester I 2020, setelah pada Sabtu, 1 Mei 2020 pukul 10.02 WITA, Engine 1 sinkron dan Engine 2 sinkron pada Minggu, 2 Mei 2020 pukul 10.31 WITA.

Yuyun Mimbar Saputra, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara mengatakan bahwa proses sinkronisasi merupakan tahapan pengujian kemampuan dan pengujian pembangkit menyalurkan daya ke jaringan listrik yang ada di suatu daerah.

“Kami optimis PLTMG Kupang Peaker ini beroperasi dalam waktu dekat, dan selanjutnya daya dari pembangkit ini akan disalurkan ke jalur transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) PLTMG Kupang Peaker ke Gardu Induk Bolok dan jalur Transmisi SUTT 150 kV PLTMG Kupang Peaker ke GI Naibonat, yang artinya kehandalan sistem kelistrikan Timor semakin membaik,” ujar Yuyun.

Sinkronisasi PLTMG yang berlokasi di Dusun Panaf, Desa Lifuleo, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, diuji secara online bersama dengan PLN Unit Pelaksana Proyek Timor, PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur, perwakilan dari The Consortium of PT Indo Fuji EnergiJacobsen Elektro ASPIC Group Inc, dan perwakilan dari Wartsila.

Unit Induk Pembangunan (UIP) Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Kupang Peaker Commercial Operation Date (COD)

General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur, Ignatius Rendroyoko menyebutkan bahwa proses sinkron dan penyaluran daya dari PLTMG Kupang Peaker 40 MW ini juga menjadi tanda pertama kali Sistem Timor mengoperasikan jaringan transmisi tegangan tinggi 150 kV dengan menyalurkan daya dari PLTMG ke Kota Kupang.

“Nantinya instalasi pembangkit listrik dan saluran udara tegangan tinggi ini jelas menambah kekuatan dan keandalan suplai listrik untuk Kota Kupang dan Sistem Timor semakin handal,” terangnya.

Sementara itu, Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Proyek Timor (UPP Timor), Muhammad Iqbal juga menyampaikan pengujian secara online ini adalah langkah praktis yang dilakukan PLN akibat krisis pandemik Covid-19.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dengan berhasilnya sinkronisasi hari ini, walaupun masih keadaan pandemi seperti sekarang, namun kami tidak menyerah, kami bahu- membahu menyelesaikan satu per satu tahapan penyelesaian akhir pekerjaan mulai dari sinkron sampai nanti dapat beroperasi (COD),” ungkap iqbal.

Rencananya, imbuh Iqbal, pertengahan Mei 2020, PLTMG Kupang Peaker ini sinkron unit 2 sesuai jadwal sebelumnya dan proses step loading unit 1 & 2. “Tim kami di UPP Timor selalu intens berkoordinasi dengan semua pihak khususnya kontraktor maupun Upkeeps Timor, terkait tersebut agar tetap sesuai dengan mekanisme dan Standard Operating Procedure yang berlaku,” tandasnya. (*)

Sumber berita dan foto (*/Humas PLN UIW NTT)
Editor (+rony banase)