Masuk ‘New Normal’ Ketua DPRD NTT Minta Tingkatkan Sikap Peduli & Simpati

216 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Memasuki tatanan normal baru atau new normal pada 15 Juni 2020 dan seterusnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dibutuhkan semangat gotong royong yang tertuang di dalam nilai-nilai Pancasila, dengan memberikan rasa peduli dan kontribusi satu sama lain tanpa melihat materi.

“Semua ini untuk menguatkan kita dalam melawan penyebaran dan penularan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 saat ini,” tandas Ketua DPRD NTT, Ir. Emelia Julia Nomleni dalam dialog bertema The New Normal Life di Provinsi Nusa Tenggara Timur bersama Radio Swara NTT, pada Senin, 15 Juni 2020.

Menurut Ketua DPD PDI Perjuangan NTT ini, pihaknya menilai semangat gotong royong di Indonesia termasuk di Provinsi NTT telah membudaya di dalam masyarakat. “Dalam pengamatan kami bahwa interaksi antar sesama saat mulai masuknya Covid-19 di Indonesia khususnya di NTT; kita melihat nilai gotong royong yang sudah tertanam dalam budaya kita ini agar saling menjaga satu sama lain dengan memperhatikan satu sama lain ini juga merupakan nilai-nilai Pancasila seperti aksi sosial saling memberikan bantuan dari hati untuk saling melayani juga dalam memberikan ungkapan suara hati,” ucapnya.

“NTT sebagai Nusa Terindah Toleransi sebagai warisan dari bapa pendiri bangsa kita ini sebenarnya memberikan kita tugas untuk dilanjutkan dengan saling menjaga kebersamaan ini dalam kondisi ini dan dengan saling melihat satu sama lain tanpa melihat latar belakangnya untuk menjaga juga suasana hidup kita karena warna perbedaan ini memberikan kita kekuatan pada masa-masa seperti ini,” jelasnya.

Emelia juga mengatakan, dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, belum lama ini; terutama di masa pandemi Covid-19 juga mungkin merupakan situasi di mana Tuhan lagi memberikan pemulihan bagi alam-alam kita dan kita sebagai manusia juga mulai melihat alam dengan bercocok tanam ataupun lahan yang dulunya tidak penting bisa untuk dikelola menjadi sesuatu yang baik untuk alam. Karena alam merupakan sahabat dari manusia untuk saling membutuhkan.

“Dalam kondisi pandemi ini kita semua dalam ketakutan. Tapi dengan adanya ajakan the new normal life ini, saya rasa suatu ajakan yang baik,” ungkapnya.

Karena itu, srikandi PDI Perjuangan ini berharap agar Pemerintah Provinsi NTT harus terus hadir dan menjaga masyarakat NTT. “Saya berharap agar Pemprov NTT juga harus terus hadir selalu mendampingi dan menjaga masyarakat dalam membimbing psikologi masyarakat agar menjadi lebih baik,” pinta Emilia.

Dialog yang dihelat oleh Radio Swara NTT ini juga terhubung bersama Radio RSPD Sabu Raijua, RSPD Kabupaten Kupang dan Kaisarea Voice. (*/rb)

Sumber berita (Frans Tiran, S.Si/Kasubag Pelmas dan HK Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT)
Foto utama oleh rony banase