NTT Zona Rendah Risiko Covid-19, Marius Djelamu : Itu Peran Pemda & Masyarakat

Loading

Jakarta, Garda Indonesia | Tingkat penyebaran Covid-19 di berbagai negara begitu tinggi, termasuk di Indonesia. Namun, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil menempatkan diri di Zona Risiko Rendah penyebaran Covid-19. Bahkan data nasional Covid-19 per 24 Juni 2020 menunjukkan NTT masih memiliki nol kasus positif Covid-19 selama beberapa hari.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius menjelaskan bahwa kunci dari keberhasilan berjalannya protokol kesehatan di NTT adalah kesadaran masyarakat itu sendiri. Hal ini juga didukung dengan pengontrolan oleh para Bupati dan perangkat daerah terhadap arus orang antar wilayah.

“Bahkan tidak hanya kontrol oleh Bupati, tetapi ketua RT dan warga pun sangat kuat mengontrol keluar-masuknya orang,” ujarnya pada konferensi pers melalui ruang digital di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jakarta, pada Kamis, 25 Juni 2020.

Selain itu, strategi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi NTT untuk mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan adalah melakukan sosialisasi secara rutin di berbagai medai massa, baik media konvensional maupun media baru.

Marius menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 juga memberikan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat NTT. Namun, selama pandemi ini justru sangat terlihat solidaritas masyarakat dengan berbagi sembako, masker serta alat pelindung diri (APD).

“Kami memberikan apresiasi kepada masyarakat dan semua asosiasi, tidak hanya di dalam NTT tapi juga dari luar NTT, yang juga menyebarkan ‘virus-virus kemanusiaan’, ” jelasnya.

Kasus Positif yang Ditemukan di NTT Berawal dari Imported Case

Marius juga menceritakan sejak kasus Covid-19 muncul di Indonesia, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat segera membentuk tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 meskipun belum terdapat kasus di provinsi tersebut. Gubernur NTT juga menginstruksikan semua aparatur sipil negara untuk tidak melakukan perjalanan ke luar daerah.

Oleh karena itu, NTT menjadi satu dari sedikit provinsi di Indonesia yang tidak memiliki kasus Covid-19 selama kurang lebih tiga minggu sejak penyebarannya di Indonesia.

Marius menambahkan kasus pertama di NTT ditemukan akhir April 2020. “Kasus itu pun merupakan imported case,” tambahnya.

Kasus impor atau Imported case merupakan kasus positif Covid-19 yang didapatkan dari luar daerah. Sehingga pada konteks ini adalah kasus pada orang yang telah melakukan perjalanan ke luar daerah dan kembali ke Kupang, NTT. Kemudian setelah itu terjadi pula kasus transmisi lokal, yaitu penyebaran antar masyarakat setempat, yang mana semuanya kini sudah tertangani. Marius juga menyampaikan persentase kesembuhan pasien Covid-19 di NTT yang hampir mencapai 80%.

Pada awal Mei 2020, jumlah kasus positif Covid-19 di NTT mulai meningkat. Namun kemudian jumlahnya terus berfluktuasi atau turun-naik. “Sampai dengan saat ini, pemeriksaan lab (menunjukkan hasil) negatif, bahkan ada lebih dari lima hari (hasilnya) negatif,” tutupnya. (*)

Sumber berita dan foto (*/Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional)
Editor (+rony banase)