Terampil ‘Digital Marketing’ & Sablon, Milenial Sumba Raih Pelatihan PLN

202 Views

Sumba-N.T.T., Garda Indonesia | Selain menghadirkan listrik di Pulau Sumba melalui program PLN Peduli, PLN juga menyelenggarakan Pelatihan Sablon dan Digital Marketing untuk Milenial Bukit Wisata Wairinding. Pelatihan tersebut digelar di Kantor Desa Pambota Njara, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, 28—30 Juli 2020.

Sebanyak 20 peserta mengikuti pelatihan hasil kerja sama PLN dengan Pemerintah Kabupaten Sumba Timur dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Anugerah Anak Sumba.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kami. Pelatihan ini kami buat untuk meningkatkan kompetensi milenial di sekitar bukit wisata Wairinding serta bagian dalam upaya meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Ke depan, PLN akan melakukan monitoring dan evaluasi bersama dengan Tim LKP Anugerah Anak Sumba, yang selanjutnya kelompok UKM skala kecil ini akan menjadi mitra Binaan PLN,” ungkap  Agustinus Jatmiko selaku General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTT.

Foto bersama para peserta pelatihan digital marketing dan sablon

Melalui Pelatihan ini, imbuh Jatmiko, diharapkan UKM skala kecil dapat optimal dan akan dievaluasi dan dimonitoring hingga mampu menghasilkan produk dan memasarkannya secara langsung kepada visitor pariwisata di desa masing-masing. Monitoring evaluasi akan terus dilaksanakan pihak PLN dikoordinasikan dengan Tim LKP Anugerah Anak Sumba, yang selanjutnya kelompok UKM skala kecil ini akan menjadi mitra Binaan PLN.

Selanjutnya, PLN juga akan melakukan pelatihan sejenis di Desa Wisata Ratenggaro yang terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) pada tanggal 3—5 Agustus 2020.

Salah satu hasil karya pelatihan sablon

Salah satu peserta pelatihan, Cicilia Ridolf menuturkan pelatihan ini sangat berguna bagi dirinya. “Terima kasih bagi PLN yang sudah jeli dalam memperhatikan kami selaku milenial yang memang membutuhkan ketrampilan guna menopang perekonomian keluarga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pambotanjara Anton Radandima berharap pelatihan sablon dan digital marketing ini dapat diaplikasikan sehingga memiliki nilai bagi masyarakat Pambota Djara dan turut mengembangkan potensi-potensi masyarakat yang ada.(*)

Sumber berita dan foto (*/Humas PLN UIW NTT)
Editor (+rony banase)