Rotary Kupang Central Helat Pelatihan P3K via Webinar di Era Normal Baru

166 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Pertama kali sejak berdirinya Rotary Club Kupang Central, diinisiasi pelatihan Pengenalan Dasar Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) dan telah diselenggarakan bersama Rotaract (Rotary in Action) Kupang Fortuna pada Sabtu, 5 September 2020.

Pelatihan yang dilaksanakan melalui webinar ini bertujuan mendorong masyarakat umum untuk meningkatkan pengetahuan, pengertian dan pemahaman mengenai pelaksanaan P3K dan meningkatkan ketrampilan dalam melakukan pertolongan pertama pada penyakit mendadak atau kecelakaan.

Pelatihan yang dibuka oleh District Governor 3410, Nyoman Suastika ini diikuti oleh 116 tamu dan peserta yang terdiri dari para Rotarian (sebutan untuk anggota Rotary, Rotaractor (sebutan bagi anggota Rotaract), mahasiswa, dan masyarakat umum yang berasal dari berbagai kota seperti Surabaya, Jakarta, Bali, Bandung, Semarang dan Medan.

Salah satu simulasi P3K yang dilakukan oleh Rotaractor Ferry Kase

Rotaract merupakan singkatan dari Rotary in Action di mana anggota Rotaract Club adalah terdiri dari anak-anak muda setelah lulus SMA, disponsori oleh Rotary Club, dan merupakan partner kerja Rotary dalam melakukan program dan pelayanan sosial & kemanusiaan.

Pelatihan P3K dipandu oleh Rotarian Ratna Pongkapadang (juga menjabat sebagai President Club Rotary Kupang Central) dan Rotaractor Fery Kasse yang telah mendapatkan pelatihan Standard First Aid dari Singapore Red Cross, Canada Red Cross dan US Red Cross.

Ratna Pongkapadang mengatakan bahwa pelatihan awal ini meliputi pertolongan pertama pada orang yang pingsan, mimisan, tersedak, pembalutan pada pendarahan kepala dan membuat gendongan atau penyangga pada kasus patah lengan, tangan, bahu yang disebut dengan teknik Arm Sling dan Elevation Sling.

Simulasi dilakukan oleh Rotaractor Ferry Kase

“Walaupun pelatihan ini dilakukan dalam bentuk webinar tetapi selama pelatihan diadakan simulasi-simulasi oleh para Rotaractor,” ungkap Pres Ratna (sapaan akrab para rotarian kepada Ratna Pongkapadang) seraya mengungkapkan para peserta mengikuti pelatihan dengan antusias sehingga waktu yang seharusnya hanya direncanakan berlangsung selama 2 jam harus diperpanjang hingga 3,5 jam.

Ratna Pongkapadang pun berharap agar pelatihan ini akan memberikan inspirasi bagi para peserta dan masyarakat luas untuk memperlengkapi diri masing-masing dengan ketrampilan P3K sehingga akan lebih banyak nyawa yang bisa terselamatkan dengan tindakan pertolongan pertama yang benar.

“Untuk itu, Rotary Kupang Central berkomitmen untuk terus menyelenggarakan pelatihan-pelatihan sejenis dalam mendukung peningkatan ketrampilan masyarakat,” tandasnya. (*)

Sumber berita dan foto (*/Public Image Rotary Kupang Central)
Editor (+rony banase)