Sumpah Pemuda, Ketua KPK : Esensi, Peran Pemuda Zaman ‘Now’ untuk Bangsa & Negara

197 Views

Jakarta, Garda Indonesia | Hari ini Rabu, 28 Oktober 2020, kita segenap rakyat Indonesia kembali memperingati Hari Sumpah Pemuda, hari di mana seluruh bangsa dan tumpah darah Indonesia di mana pun berada, bersatu padu dalam sebuah sumpah, ‘Sumpah Pemuda’, yang dicetuskan oleh para pemuda dan pemudi pada masa pergerakan kemerdekaan.

Di masa itu, para pemuda-pemudi tampil di depan menjadi agen dan motor perubahan nasib serta penentu masa depan bangsa, yang lama terpuruk dalam belenggu kolonialisme penjajah. Hal tersebut dituturkan Ketua KPK Firli Bahuri, pada momentum Sumpah Pemuda di Jakarta.

Firli mengungkap bahwa Sumpah Pemuda yang digelorakan para pemuda dan pemudi kala itu, telah membakar bara semangat persatuan dan kesatuan dalam diri seluruh bangsa Indonesia, yang ingin lepas dari imperialisme para penjajah dibumi pertiwi.

Dirinya memandang banyak sekali nilai-nilai serta teladan yang dapat kita petik dari Sumpah Pemuda dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara di republik ini. “Tidak sedikit esensi dari Sumpah Pemuda yang mengajarkan dan menguatkan kita dalam menghadapi serta melewati ragam permasalahan bangsa, salah satunya persoalan korupsi yang masih berurat akar di negara ini,” jelasnya.

“Perlu peran aktif segenap tumpah darah Indonesia yang satu dalam upaya memberantas korupsi di negeri Ini dan butuh dukungan seluruh eksponen bangsa Indonesia yang berpadu dalam upaya melesakkan pedang keadilan tepat ke jantung dan urat nadi laten korupsi, serta perlu satu bahasa ‘Anti-Korupsi’ agar kejahatan kemanusiaan (korupsi) ini benar-benar sirna dari bumi pertiwi,” tegas Ketua KPK Firli Bahuri.

Cita-cita, harapan dan impian rakyat Indonesia untuk lepas dari cengkeraman penjajah bernama korupsi, Insya Allah akan menjadi kenyataan apabila segenap bangsa di negeri ini khususnya generasi muda benar-benar mengamalkan nilai-nilai dan esensi yang terkandung di dalam setiap butir Sumpah Pemuda.

Sejenak, dirinya kembali teringat kata-kata Proklamator, Bung Karno, “Beri aku 1.000 orang tua niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, Beri aku 10 pemuda akan kuguncangkan dunia”. Kata-kata itu menunjukkan betapa hebat, kuat dan berpengaruhnya para pemuda terhadap perubahan dunia, khususnya masa depan bangsa, negara dan tanah airnya.

Insya Allah, para pemuda dan pemudi kita, urai Firli, akan menjadi penerus cita-cita dan harapan Founding Fathers kita, di mana negara ini dapat melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote, dan memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan menjadi Pemuda Pemudi Anti Korupsi.

Dalam kesempatan hari Sumpah Pemuda ini, Ketua KPK Firli Bahuri juga menyampaikan pesan kepada para pemuda dan pemudi Indonesia zaman now, pergunakan dan isi waktu muda dengan hal-hal baik, tanamkan selalu nilai-nilai agama dan kejujuran dalam diri untuk membentuk serta memperkuat Integritas.

“Selalu patrikan semangat Sumpah Pemuda dalam jiwa, raga dan pikiran, agar memandang keragaman sebagai kekuatan dan kebinekaan sebagai kesatuan untuk menyongsong masa depan yang semakin baik, Indonesia maju, Indonesia sejahtera, Indonesia cerdas, Indonesia bebas dan bersih dari korupsi,” tutup Ketua KPK Firli Bahuri. (*)

Sumber berita dan foto (*/tim)
Editor (+rony banase)

(Visited 3 times, 1 visits today)