Hari Dharma Karyadhika 2020, Kumham NTT Peduli Kepada Warga Tak Mampu

311 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Hari Dharma Karyadhika (HDKD) sebagai hari ulang tahun Kementerian Hukum dan HAM RI tahun 2020, dimaknai dan dirayakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT dengan melaksanakan program “Kumham Peduli, Kumham Berbagi.”

Melalui program Kumham Peduli Kumham Berbagi, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone bersama Kepala Divisi Administrasi Piet Bukorsyom dan beberapa ASN dan Dharma Wanita menyalurkan bantuan bagi warga kurang mampu di 2 (dua) lokasi yakni Desa Tuapukan dan Desa Oebelo, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat, 30 Oktober 2020.

Bantuan yang disalurkan merupakan hasil uluran tangan/sumbangan dari seluruh ASN Kanwil Kemenkumham NTT dan Ibu-ibu Dharma Wanita Kanwil berupa barang-barang sembako dan alat pelindung diri (APD) yaitu masker sebagai bentuk upaya pencegahan Covid-19 di wilayah NTT.

Dalam proses distribusi sembako itu, Marciana menyatakan pihaknya tetap memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah terutama physical distancing (menjaga jarak) dan tetap menggunakan masker. Selain itu, penyaluran bantuan sembako dilakukan dalam beberapa tahap untuk menghindari penumpukan dan kerumunan masyarakat yang akan menerima bantuan.

“Saat penyaluran bantuan ini kami tidak terfokus pada satu lokasi, saya bersama tim mengelilingi desa yang kami tuju sambil memastikan rumah mana yang akan kami berikan bantuan. Tujuannya, agar bantuan yang diberikan betul-betul diberikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan uluran tangan,” ungkap Marciana.

Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone saat berbincang dengan Nenek Tina di Desa Tuapukan

Di samping memberikan bantuan sembako, Kakanwil bersama tim juga membagikan masker kepada warga yang berada di lokasi maupun masyarakat yang melintas, sembari menyampaikan edukasi/informasi terkait pencegahan dan penanggulangan Covid-19 kepada masyarakat.

Masyarakat yang menerima bantuan sangat terharu dan bahagia salah satunya Nenek Tina, warga Desa Tuapukan, Kecamatan Kupang Timur, yang hidup seorang diri di usia senjanya. Beliau merasa sangat terharu dengan adanya bantuan yang tidak disangkanya saat Kakanwil menyerahkan langsung.

“Ini nenek, ada sedikit berkat dari Tuhan, melalui uluran dan bantuan kami dari Kemenkumham NTT. Semoga memberikan manfaat dan mengurangi beban,” ujar Kakanwil Marciana sembari menyerahkan bantuan dan diterima oleh Nenek Tina dengan tangan bergetar sambil menangis. Beliau pun langsung memanjat doa dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan. Kemudian tim penyaluran bantuan langsung berpamitan untuk membagikan paket di rumah yang lain.

Di sela-sela pembagian paket sembako, Marciana mengatakan, program ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial dan kepedulian Kanwil Kemenkumham NTT dan sebagai wujud rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Dharma Karyadhika.

“Diharapkan bantuan yang diberikan dapat meringankan beban ekonomi bagi masyarakat sekitar yang terdampak pandemi,” tandasnya. (*)

Sumber berita dan foto (*/Humas Kanwil Kemenkumham Provinsi NTT)
Editor (+rony banase)

(Visited 8 times, 1 visits today)