Merci Jone : Makanan dan Minuman di Rutan Harus Layak dan Sesuai

462 Views

Kefa-TTU, Garda Indonesia | Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) NTT, Marciana Dominika Jone melakukan kunjungan dan meninjau langsung pelayanan kepada warga binaan di rumah tahanan (Rutan) Klas IIB Kefamenanu dan Rutan SoE pada Sabtu, 30 Januari 2021.

Merci Jone (sapaan akrab dari Kakanwil perempuan pertama di NTT, red) dalam kunjungannya didampingi oleh Kabag Program dan Humas Rosmini Manuhutu, Kabag Umum, M. Rusli, Kasubag Program dan Pelaporan Hillon Foes, dan Kasubag Humas, RB dan TI melakukan sidak dan tatap muka dengan jajaran Rutan Kelas IIB Kefamenanu.

Pada kunjungan tersebut, Merci Jone  berkeliling melihat kebersihan lingkungan blok dan kamar hunian warga binaan serta menyempatkan diri berdialog dan menanyakan keadaan para narapidana dan tahanan terkait pelayanan yang diberikan oleh petugas di Rutan Kefa.

Merci pun berdialog dengan seorang Anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) berpendidikan Kelas 2 SMP yang merasa puas karena telah menerima pendampingan bantuan hukum. Selain itu, ada juga beberapa tahanan yang sudah pada tingkat banding tapi tidak mendapat pendampingan, oleh karena itu Merci berharap kepada Kepala Rutan Kefa agar segera berkoordinasi dengan Posbakumadin untuk memberikan bantuan hukum.

Merci Jone saat memantau Dapur Rutan Klas IIB Kefa

Merci juga memantau Dapur Rutan untuk memastikan menu makanan yang disajikan harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. “Menu makan WBP harus ditempelkan. Saya tidak mau mendengar ada masalah soal makanan WBP yang tidak sesuai, karena itu hak mereka. Layanilah mereka seperti keluarga kita sendiri. Dengan senantiasa menjaga kualitas dan kebersihan makanan,” tegasnya.

Selain mengapresiasi kebersihan lingkungan blok dan hunian kamar yang tertata rapi sehingga membuat warga binaan merasa nyaman. Merci pun memberikan  arahannya, kepada Kepala Rutan Kefa Antonio L. P. da Costa, yang baru dilantik beberapa waktu lalu. Ia berpesan agar jabatan yang diemban merupakan kepercayaan yang harus dijaga dengan baik. Sehingga dibutuhkan semangat dan integritas yang tinggi dalam mengemban amanah tersebut

Selanjutnya Kakanwil perempuan ini juga memantau setiap pos-pos pelayanan yang ada di Rutan di antaranya, ruang pelayanan kesehatan, ruang perpustakaan dan Pos Bantuan Hukum, “Segera mungkin, saya akan berkoordinasi dengan Pemda TTU, dalam hal ini Bupatinya untuk memberikan bantuan tenaga medis. Agar dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi warga binaan kita, sebagai hak kesehatan yang harus diperoleh,” tandasnya.

Serupa, Dapur Rutan SoE pun menjadi fokus utama dari Kakanwil Merci Jone, untuk memastikan penyajian makan dan minuman yang di berikan harus layak dan sesuai. “Saya harap makanan yang di berikan dijaga kualitas dan kebersihannya, itu hak mereka. Layanilah mereka dengan baik sesuai menu makan yang telah ditetapkan,” jelasnya usai melakukan kunjungan dari Rutan Klas IIB Kefa pada Sabtu, 30 Januari 2021.

Merci Jone saat melihat menu makanan dan minuman di Rutan SoE

Lingkungan dan blok kamar hunian juga dicek kebersihannya, “petugas harus senantiasa mengingatkan kepada setiap WBP menjaga kebersihan dan kerapian kamar itu penting. Ini untuk membuat mereka merasa nyaman dan tenang saat berada di Rutan,” ujar Kakanwil.

Kakanwil juga sempat berkomunikasi dengan beberapa warga binaan, sembari menanyakan keadaan mereka dan layanan yang diberikan oleh petugas Rutan. “Selama berada di Rutan apa yang menjadi hak akan kami penuhi. Ketika ada masalah segera komunikasikan ke petugas. Hargai setiap petugas dan patuhi aturan-aturan yang ditetapkan. Pesan saya, selalu berdoa dan bersyukur dengan proses yang diterima agar lebih baik ke depannya,” pesannya kepada WBP.

Didampingi Kepala Rutan SoE, Merci Jone berdialog dengan penghuni rutan

Selanjutnya, Kakanwil Merci Jone mengingatkan kepada Kepala Rutan yang baru dilantik Nixon G. L. Osingmahi, untuk melaksanakan amanah sesuai janji yang diucap. Junjung tinggi nilai Integritas dan terus lakukan perubahan dan inovasi ke arah yang lebih baik.

“Jangan mudah puas dan harus terus berbenah dan mengubah keadaan lingkungan serta kualitas pelayanan,” tandasnya. (*)

Sumber berita dan foto (*/Humas Kemenkumham Provinsi NTT)

Editor (+roni banase)

(Visited 204 times, 1 visits today)