Bank Indonesia Perwakilan NTT Peduli Belajar Daring 16 Lembaga Pendidikan

586 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Bank Indonesia (BI) Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan perhatian atas kondisi pembelajaran daring (dalam jaringan) atau online yang sedang diterapkan oleh para lembaga pendidikan di masa pandemi Covid-19.

Bertolak dari kondisi tersebut, maka BI Perwakilan NTT membangun kemitraan dengan Forum Taman Baca Masyarakat (Forum TBM) dalam menyasar dan menetapkan penerima bantuan sarana dan prasarana belajar daring.  Dari proses supervisi yang telah dijalankan sejak November 2020, maka ditetapkan 16 Lembaga Pendidikan (4 SD, 4 SMP, 4 SMA, dan 4 Perguruan Tinggi [PT]).

Adapun 16 Lembaga Pendidikan tersebut antara lain:

  1. SD Adi Widya Pasraman Saraswati Kota Kupang
  2. SD Inpres Laran, Kabupaten Malaka
  3. Madrasah Ibtidayah Al Islamiyah Atambua, Kabupaten Belu
  4. SD Masehi Elopada, Kabupaten Sumba Barat Daya
  5. SMP 11 Kapten Fatubaa, Kabupaten Belu
  6. MTs Negeri Sumba Timur
  7. SMP Negeri 4 Rote Barat Daya
  8. SMP Katolik Sint Vianney Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS)
  9. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kupang
  10. SMA Plus Umma Katukku Sumba Barat Daya
  11. SMTK Bethel Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat
  12. SMA Efata Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS)
  13. Akademi Keuangan dan Perbankan (AKUB) EFFATA Kupang
  14. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kupang
  15. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Surya Kasih Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU)
  16. Universitas Kristen Wira Wacana Waingapu, Kabupaten Sumba Timur
Pose bersama Forum TBM NTT dan Pengelola SD Adi Pasraman Saraswati Kupang, usai penyerahan bantuan

Ketua Forum TBM Provinsi NTT, Polikarpus Do menyampaikan tugas lembaga yang diketuainya adalah membangun kemitraan dengan lembaga donatur untuk membantu Lembaga Pendidikan Formal dan Nonformal. “Kali ini, FTBM NTT diberi kepercayaan oleh Bank Indonesia Perwakilan NTT merekomendasikan lembaga-lembaga yang layak  menerima bantuan BI dan juga memfasilitasi bantuan untuk didistribusikan sampai ke lembaga penerima,” urainya pada Rabu, 24 Februari 2021 di sela-sela penyerahan bantuan kepada 4 (empat) lembaga yakni SD Saraswati Kupang, AKUB EFFATA Kupang, MAN Kota Kupang, dan STAI Kupang.

Jenis Bantuan yang diterima FTBM dan didistribusikan ke lembaga pendidikan, terang Polikarpus Do, yakni 48 unit Laptop, 48 unit LCD Proyektor, 48 unit Layar LCD,  48 Unit Modem WIFI. “Masing-masing lembaga pendidikan menerima bantuan berupa 3 unit laptop, 3 unit LCD Proyektor, 3 Layar LCD, dan 3 unit Modem WIFI, seperti yang kami serahkan hari ini kepada para penerima,”urainya saat penyerahan dan disaksikan Garda Indonesia.

Polikarpus Do pun menyampaikan terima kasih kepada teman-teman Pegiat Literasi di daerah yang sudah bekerja sama dengan dari proses pengusulan hingga survei di lapangan. “Kerja tulus teman-teman pegiat luar biasa.  Terima kasih Bank Indonesia yang terus memberikan perhatian terhadap peningkatan SDM NTT berupa bantuan fasilitas Literasi Digital. Terima kasih juga kepada tim YASPORA NTT yang membantu FTBM NTT untuk pendistribusian bantuan,” tandasnya.

Penyerahan Bantuan Sarana dan Prasarana Belajar Daring kepada Kepala MAN Kota Kupang

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Adi Widya Pasraman Saraswati Kupang, Ni Nyoman Suparwati, S.Pd. mengungkapkan terima kasih kepada Bank Indonesia Perwakilan NTT atas bantuan sarana dan prasarana. “Kami berharap, ke depan bantuan lebih ditingkatkan lagi berupa buku dan rak buku untuk perpustakaan,” ucapnya.

Bantuan ini, imbuh Nyoman, sangat bermanfaat dan menunjang sekali dalam proses belajar dari rumah (BDR). “Kami menggunakan platform Google Meet untuk proses belajar dari rumah dan bantuan Bank Indonesia ini sangat membantu sekali,” ungkapnya seraya menyampaikan SD Adi Pasraman Saraswati berbasis TIK berdiri sejak tahun 2017 dan saat ini tahun 2021 terdapat 4 (empat) rombongan belajar dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang.

Penyerahan Bantuan Sarana dan Prasarana BI Perwakilan NTT kepada Ketua STAI Kupang, Dr. Umar Ali, M.Pd.

Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kupang, Dr. Umar Ali, M.Pd. pun mengucapkan syukur alhamdulillah dan menyampaikan terima kasih kepada BI Perwakilan NTT atas bantuannya yang sangat bermanfaat di masa pandemi ini. “Sukses selalu buat BI,” ucapnya.

Senada, Direktur AKUB EFFATA Kupang, Adriana Lopo, S.E., M.M. menyampaikan terima kasih atas perhatian Bank Indonesia Perwakilan NTT. “Baru kali ini kami memperoleh bantuan dari BI. Ini sangat membantu sekali di masa pandemi dan dapat membantu mahasiswa dan dosen agar bisa belajar daring dan semoga kinerja AKUB EFFATA semakin lebih baik,” tuturnya.

Selain itu, tandas Direktur Perempuan yang memimpin AKUB EFFATA Kupang sejak 11 tahun lalu ini pun berharap ada kelanjutan kerja sama dengan BI Perwakilan NTT. “Kami masih menunggu MoU dalam bidang Perpustakaan, semoga ke depan ada kejelasan, namun bantuan tiga laptop ini sudah sangat luar biasa bagi kami,” pungkasnya.

Penulis dan Editor (+roni banase)

Foto utama dan pendukung (roni/tim FTBM NTT)

(Visited 422 times, 1 visits today)