Gubernur VBL Lantik 4 Penjabat Bupati, Doris Rihi Jadi Pj Bupati Sabu Raijua

Loading

Besipae-TTS, Garda Indonesia | Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) dalam rangkaian kunjungan kerja sepekan di daratan Timor; melantik 4 (empat) Penjabat Bupati pada Sabtu pagi, 27 Maret 2021 sekitar pukul 08.00 WITA—selesai di lahan Pertanian Besipae, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Baca juga: http://gardaindonesia.id/2021/03/26/empat-penjabat-bupati-di-ntt-bakal-dilantik-di-besipae-kabupaten-tts/

Keempat pejabat tersebut yakni Kepala Biro Pemerintahan (Karopem) Setda NTT, Doris Alexander Rihi sebagai Penjabat Bupati Sabu Raijua, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) NTT, Zakarias Moruk sebagai Penjabat Bupati Belu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadis PMD) NTT, Viktor Manek sebagai Penjabat Bupati Malaka, dan Kepala Bappelitbangda NTT Cosmas Lana sebagai Penjabat Bupati Sumba Barat.

Pemilihan lokasi pelantikan 4 Penjabat Bupati di Lahan Pertanian Besipae punya alasan khusus. Penjabat (Pj) Bupati Sabu Raijua, Doris Rihi saat dihubungi Garda Indonesia pada Sabtu, 27 Maret 2021 pukul 11.58 WITA, menyampaikan bahwa dalam sambutannya, beliau (Gubernur VBL, red) menegaskan alasan pelantikan di lokasi yang sebelumnya terjadi kisruh lahan antara Pemprov NTT dan Masyarakat Adat Besipae.

“Semalam (Jumat, 26 Maret 2021), Pak Gubernur tidur di Besipae. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan sengaja memilih tempat di situ (Besipae, red) untuk memberitahu kepada kita bahwa keadaan sudah harmonis dan tak ada lagi permasalahan seperti di awal,” ungkap Doris Rihi sembari menyampaikan, sebelumnya kami mengira karena beliau dalam perjalanan tugas.

Penyematan Lencana oleh Gubernur NTT kepada 4 Penjabat Bupati, Foto oleh Intho Herison Tihu

Doris Rihi yang akan bertolak ke Pulau Sabu Raijua pada Senin, 29 Maret 2021 untuk menunaikan tugas sebagai Penjabat Bupati Sabu Raijua, menyampaikan imbauan Gubernur NTT agar dapat mulai bekerja dengan menjamin keharmonisan, hubungan kekeluargaan kepada masyarakat, menuntaskan masalah stunting, dan sosial kemasyarakatan lainnya serta hadir bersama masyarakat Sabu Raijua.

Saat dikonfirmasi, apakah ada imbauan khusus mengenai sengketa pilkada Sabu Raijua? Doris Rihi menegaskan bahwa tak ada imbauan khusus dari Gubernur VBL.

“Tidak ada imbauan khusus,” tandasnya seraya menyampaikan usai melantik, Gubernur VBL masih melakukan peninjauan kerja lapangan di Besipae, Kabupaten TTS.

Penulis dan Editor (+roni banase)

Foto utama dan pendukung oleh Intho Herison Tihu