Taklukkan Sumsel & Aceh, NTT Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2020

781 Views

Labuan Bajo, Garda Indonesia | Momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), tanggal 20 Mei 2021 digunakan oleh Panitia Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 sebagai momentum kebangkitan pariwisata nasional di tengah pandemi Covid-19, dan sebagai ajang Malam Anugerah Pesona Indonesia ke-5 Tahun 2020. Diselenggarakan sejak tahun 2016, pada perhelatan kelima, Provinsi NTT memperoleh kesempatan menjadi tuan rumah API Awards 2020.

Dipandu oleh master of ceremony Riris Sulistiowati dan Bimo, Malam Anugerah Pesona Indonesia 2020 dihelat di arena terbuka Hotel Inayabay Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis malam, 20 Mei 2021 dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan ketat (peserta wajib menjalani swab antigen, menggunakan masker, mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer, saat memasuki lokasi acara dilakukan pengecekan suhu tubuh, dan menjaga jarak duduk).

Hadir dalam Malam Anugerah Pesona Indonesia 2020 antara lain Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL), Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi; Wakil Bupati Manggarai Barat, Dr. dr. Yulianus Weng, M.Kes. Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, Bupati se-NTT, Ketua DPRD Provinsi NTT, Emilia Nomleni dan anggota DPRD Kabupaten/Kota, Staf Ahli Kementerian Lingkungan Hidup, Prof. Winarni; Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI, Daulat Silitonga, S.H., M.Hum. Direktur Merek dan Indikasi Geografis Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Nofly, S.H., S.Sos., M.Si. dan Kakanwil Kemenkumham Provinsi NTT, Marciana Dominika Jone, Danrem 161/Wirasakti, Danlantamal Kupang, para traveller bloger, dan Duta API.

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat saat menerima Sertifikat Indikasi Geografis (untuk Sasando dan Kopi Robusta Manggarai) dari Kementerian Hukum dan HAM RI

Nusa Terindah Toleransi dan New Tourism Territory (NTT) pun memperoleh sertifikat Hak Kekayaan Intelektual untuk alat musik Sasando dari Pulau Rote dan Kopi Robusta Manggarai yang diserahkan oleh Daulat Silitonga kepada Gubernur VBL. Selain NTT, Provinsi Riau juga memperoleh sertifikat Hak Kekayaan Intelektual untuk Tanjak. Malam Anugerah Pesona Indonesia 2020 juga diwarnai oleh penampilan Jeni Bessin yang memainkan alat musik Sasando.

Gubernur VBL dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebelumnya NTT dikonotasikan sebagai Nasib Tidak Tentu, namun terakhir menjadi sebagai New Tourism Territory. VBL berharap agar ke depan API Awards dapat memberikan penghargaan kepada seluruh elemen pariwisata. “Berbicara tentang pariwisata, NTT merupakan tempat terindah di dunia dan satu-satunya yang mempunyai binatang purba yakni Komodo, the one and only in the world,” ujarnya.

Foto bersama Gubernur NTT, Ketua DPRD NTT, Wali Kota Kupang, Bupati se-NTT, Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, usai menerima Tropi Juara Umum API Awards 2020

VBL juga menegaskan jika Pariwisata Indonesia mau semakin maju, maka harus menerima keberagaman dan momentum ini sebagai pendorong untuk meningkatkan kualitas pariwisata. “Sebagai gubernur, saya sangat bangga dan berterima kasih karena Nusa Tenggara Timur dipilih sebagai tuan rumah dan situasi pandemi Covid-19, kita dapat menata pariwisata menjadi lebih luar biasa karena dengan teknologi informasi kita sedang bersaing dengan seluruh dunia,” ucap Gubernur VBL yang berpasangan dengan Wakil Gubernur, Josef Nae Soi dengan periode jabatan 2018—2023.

Proses seleksi API Awards 2020 dilaksanakan secara ketat oleh Komite Seleksi API Indonesia 2020 secara profesional dan independen, melalui tahapan kajian dan seleksi, hingga penentuan dan penetapan nominasi melalui vote dengan periodisasi 1 Agustus sampai dengan 31 Desember 2020 melalui YouTube dan Website API 2020, Android App dan SMS ke 99386.

Tropi Juara Umum API Awards 2020 diterima oleh Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, I Wayan Darmawa

Kemudian, Riris Sulistiowati dan Bimo mengumumkan NTT sebagai juara umum dengan nominasi yang berhasil meraih juara 1 pada 5 kategori dan juara 2 pada 3 kategori dari total 18 Kategori. “8 nominasi kategori yang dijuarai NTT yaitu; Pertama, Kategori Surga Tersembunyi juara dua diraih oleh Mulut Seribu di Kabupaten Rote Ndao, Kategori Makanan Tradisional juara satu diraih oleh Daging Se’i di Kota Kupang, Kategori Destinasi Belanja juara satu diraih Sentra Tenun Ikat Ina Ndao di Kota Kupang, Kategori Wisata Air juara dua disabet Island Hopping Pulau Meko di Flores Timur, Kategori Dataran Tinggi juara satu diraih Fulan Fehan di Kabupaten Belu, kategori Kampung Tradisional, juara satu diraih Kampung Adat Namata di Sabu Raijua, kategori Destinasi Baru, juara dua diraih Pulau Semau di Kabupaten Kupang, dan kategori Situs Sejarah, juara satu diraih Liang Bua Ruteng, Kabupaten Manggarai”, urai pasangan MC yang mengenakan balutan busana tenun motif NTT.

Di samping itu, Juara Favorit Anugerah Pesona Indonesia 2020 diraih oleh Dawet Ayu dari Kabupaten Banjarnegara dan Tuan Rumah Anugerah Pesona Indonesia 2021 bakal dihelat pada November 2021 di Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatra Selatan.

Penulis dan Editor (+roni banase)

Foto (*/tangkapan layar youtube)

(Visited 598 times, 1 visits today)