Kopi Colol dan Kunjungan Gubernur NTT di Manggarai

Loading

Colol, Garda Indonesia | Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) melakukan kunjungan kerja bersama rombongan di Pulau Flores yakni, di Kabupaten Manggarai Barat, mengikuti Malam Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2020, selanjutnya menuju ke Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo dan bakal berakhir di Ende.

Dirrilis dari Biro Administrasi Pimpinan Setda NTT, Gubernur VBL dan rombongan pun menyempatkan waktu bermalam di Lembor, pada Kamis, 21 Mei 2021; selanjutnya menuju Kabupaten Manggarai dan Kabupaten Manggarai Timur dan bermalam di Desa Colol, pada Sabtu, 22 Mei 2021.

Gubernur mengatakan, kunjungan kerja dilakukan untuk memastikan pembangunan di lapangan berjalan dengan baik dan membangun kesepakatan bersama dengan bupati dan stakeholder terkait. “Kunjungan kerja yang kami lakukan dalam jumlah besar, untuk memastikan tidak adanya hambatan dalam pembangunan, dan manakala ada, langsung kita selesaikan saat itu juga karena ada permasalahan yang hanya bisa diselesaikan oleh pemimpinya,” ulas Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) saat menyampaikan sambutan di Desa Colol, Kecamatan Poco Ranaka Timur, Kabupaten Manggarai Timur.

Monik Andri, Putri Pariwisata Kabupaten Manggarai Timur saat memperagakan proses pengolahan secara tradisional Kopi Colol. Foto oleh floreseditorial

Kita daerah pariwisata, tegas Gubernur VBL, tidak ada alasan lagi kerja lambat, harus kerja cerdas, cepat dan tepat karena pembangunan yang kita lakukan yaitu manusianya, infrastrukturnya, pendidikannya, kesehatannya, ekonominya, pertaniannya dan aspek lainya berbasis pariwisata.

Gubernur VBL bersama rombongan yang didampingi Bupati Manggarai Timur, Agas Andereas berwisata di Colol. Sebagai Gubernur, ujarnya, kunjungan kerja dilakukan harus memberikan solusi atas permasalahan pembangunan yang terjadi di sini dan sepakat bersama Pemerintah Kabupaten dan stakeholder pembangunan terkait untuk membagi peran agar memenuhi ekspektasi imajinasi para wisatawan yang berkunjung ke sini.

“Selanjutnya, kami juga berwisata ke sini dan menginap untuk menikmati keindahan alamnya dan menikmati Kopi Colol yang enak, sekaligus memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat penyedia penginapan, makanan dan minuman,” aku Gubernur VBL.

Sementara itu, Bupati Manggarai Timur, Agas Andereas dalam sambutannya, mempromosikan Kopi Colol beserta narasinya dan mendesainnya dengan tampilan sachet sekaligus bersedia sebagai marketing-nya. “Kopi Colol memiliki cerita tersendiri di tempat ini yang tentunya kami narasikan untuk menumbuhkan minat bagi para wisatawan berkunjung ke tempat ini dan menikmati kopi tersebut,” ungkap Bupati Agas.

Gubernur NTT (bertopi dan berbaju putih) pose bersama Bupati Manggarai Timur (paling kanan) dan Direktur Utama Bank NTT, Alex Riwu Kaho di Kawasan Wisata Manggarai Timur

Colol, urai Bupati Agas Andreas, merupakan daerah yang berkontribusi bagi Manggarai dalam hal komoditi kopi, dengan memanfaatkan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium, maka kopi Colol perlu didesain dalam bentuk sachet. “Saya bersedia menjadi marketing untuk memasarkan kopi ini di seluruh hotel di sana (Labuan Bajo), tentunya hal ini butuh dukungan Pemprov, Bank NTT dan Badan Otoritas Pariwisata Labuan Bajo,” tandasnya.

Gubernur VBL Ancam Tutup Hotel di Labuan Bajo yang Tak Menyuguhkan Kopi Colol

Dilansir dari ekorantt, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat mengancam akan menutup hotel-hotel di Labuan Bajo jika tidak menyediakan kopi Colol. “Kalau ada kopi lain, kita peringatkan. Tidak mau dengar, kita tutup hotelnya,” tegasnya saat berkunjung ke Colol, Kecamatan Lamba Leda Timur, Kabupaten Manggarai Timur, pada Sabtu, 22 Mei 2021.

Gubernur meminta Kopi Colol dikemas secara baik, sehingga mudah masuk ke hotel maupun toko-toko. “Setelah itu kalau sudah ada, seluruh hotel di Labuan Bajo tidak ada kopi lain hanya Kopi Colol,” tegasnya.

Walaupun orang Colol belum masuk kamar hotel bintang lima, tandasnya dengan guyon, tapi kopinya masuk kamar hotel bintang lima.

Penulis dan Editor (+roni banase)

Foto utama oleh congkasae.com