oleh

Waspada! Angin Kencang Landa Wilayah NTT pada 12—14 Agustus 2021

Kupang-NTT, Garda Indonesia | BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) pada rentang waktu tanggal 12—14 Agustus 2021, yang dapat menimbulkan angin kencang di beberapa wilayah seperti di Pulau Timor, Sabu Raijua, Alor, Rote Ndao, dan Pulau Sumba.

Sesuai dengan peringatan dini cuaca wilayah NTT yang diterima Garda Indonesia pada Kamis, 12 Agustus 2021 yang ditandatangani oleh Kepala Stasiun Meteorologi Klas II El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi, S.Si., BMKG menegaskan bahwa saat ini secara umum wilayah NTT sudah memasuki puncak musim kemarau, waspadai potensi angin kencang yang sifatnya kering di musim kemarau yang berpotensi menyebabkan meluasnya kebakaran hutan dan lahan di wilayah NTT.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi El tari Kupang, Maria Patrycia Seran, S.Kom. memaparkan bahwa angin kencang yang terjadi pada musim kemarau sering terjadi di wilayah NTT terutama di NTT bagian selatan yang berbatasan langsung dengan Australia seperti di sekitar Pulau Timor, Rote, Sabu, dan Sumba.

“Dan ini setiap tahun rutin terjadi karena NTT secara geografis berdekatan dengan Australia. Dampak langsung yang ditimbulkan dapat memicu gelombang laut tinggi, robohnya papan reklame, baliho, dahan/ranting pohon patah, dan dampak tidak langsung seperti meluasnya kebakaran lahan dan hutan,” beber Maria Seran.

Maria Seran pun mengungkapkan kecepatan angin yang tercatat pada Kamis, 12 Agustus 2021 sekitar pukul 13.49 WITA sebesar 31 knot. “31 knot yang tercatat di alat kami atau sekitar 56 km/jam,” ujarnya seraya mengungkapkan kecepatan angin masuk kategori waspada jika pada kecepatan sama dengan 25 knot atau lebih.

Dampak langsung dari angin kencang, tandas Maria yakni dari prakiraan tinggi gelombang laut yang dikeluarkan Stasiun Marititm Tenau, di mana wilayah laut bagian selatan Pulau Timor dan Laut Sawu juga mengalami gelombang laut yang cukup tinggi.

Prakiraan tinggi gelombang laut di perairan Nusa Tenggara Timur

Untuk itu masyarakat diimbau agar waspada dan lebih berhati-hati terhadap dampak langsung maupun tidak langsung yang dapat ditimbulkan oleh angin kencang ini.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi cuaca terkini, Stasiun Meteorologi El Tari Kupang membuka layanan informasi cuaca 24 jam dan dapat menghubungi ke:

Penulis dan Editor (+roni banase)

Foto (*/ilustrasi/istimewa)

News Feed