Presiden Jokowi Tanam Jagung Bersama Petani Sorong di Papua Barat

Loading

Papua Barat, Garda Indonesia | Usai membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021, pada Sabtu, 2 Oktober 2021 dan turun ke lapangan untuk bermain bola dengan legenda sepak bola Indonesia Jack Komboy dan tiga anak muda Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura; selanjutnya pada Senin, 4 Oktober 2021; Presiden Joko Widodo mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Papua Barat, dengan berkunjung ke Kelurahan Klamesen, Sorong.

Presiden ikut menanam benih jagung bersama Petani. “Pagi ini, saya ikut menanam benih jagung bersama para Petani Papua Barat di satu lokasi di Kabupaten Sorong. Para petani di sini sudah memanfaatkan teknologi pertanian untuk mengolah lahan mereka,” urai Jokowi di akun instagram @jokowi.

Papua Barat, imbuh Jokowi, memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi produsen komoditas pertanian di Indonesia Timur. Provinsi Papua Barat memiliki 11.000 hektar lahan tanaman Jagung dan 7 juta hektar tanaman pangan dan hortikultura. Lahannya sangat luas,  tapi pemanfaatannya baru 33 persen.

“Saya sudah meminta kepada Menteri Pertanian dan Gubernur Papua Barat untuk lebih meningkatkan lagi produktivitas pertanian di Sorong dan daerah lain. Caranya, dengan mengubah sistem tanam dari satu kali menjadi dua atau tiga kali tanam setahun dengan memanfaatkan teknologi pertanian, pelatihan, membuka akses permodalan, juga adanya pengairan,” tekan Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar, masyarakat umum, dan lansia

Setelahnya, Presiden akan menuju Gedung Serbaguna Yonif Raider Khusus 762/VYS, Kecamatan Sorong Timur, Kota Sorong untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar, masyarakat umum, dan lansia.

Presiden juga diagendakan memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Papua Barat yang akan digelar di Kantor Wali Kota Sorong.

Pada siang harinya, Presiden Jokowi dan rombongan terbatas akan menuju Bandar Udara Internasional Domine Eduard Osok, Kota Sorong, untuk kemudian lepas landas ke Jakarta.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja kali ini adalah Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin, serta Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.(*)

Sumber dan foto (*/BPMI Setpres)

Editor (+roni banase)