Kerja Keras PLN di Malam Natal 2021, Listrik di Sebagian Kota Kupang Nyala Lagi

Loading

Kota Kupang, Garda Indonesia | Jaringan listrik di sebagian wilayah Kota Kupang sempat padam pada Hari Natal, Sabtu, 25 Desember 2021 sejak sekitar pukul 15.00 WITA. Sebagian wilayah yang terdampak hingga malam Natal antara lain di wilayah Timor Raya, Nunbaun Delha (NBD), Nunbaun Sabu (NBS), Bonipoi, Oeba dan sekitarnya.

Baca juga:

https://gardaindonesia.id/2021/12/25/listrik-padam-saat-malam-natal-2021-di-sebagian-kota-kupang-ini-penyebabnya/

Upaya pemulihan dan kerja keras pun dilakukan oleh tim PLN dari ULP Kupang dinakhodai oleh Hendra M Aditia pada malam Natal hingga pada Natal kedua, Minggu dini hari, 26 Desember 2021 sekitar pukul 01.02 WITA, listrik kembali menyala.

Hendra Aditia menyampaikan bahwa petugas PLN berjibaku mencari penyebab sehingga sebagian wilayah di Kota Kupang padam listrik. Meski saat perayaan Natal, para petugas PLN tetap menjalankan tanggung jawab menormalkan listrik bagi masyarakat Kota Kupang agar dapat merayakan Natal sebagai mestinya.

Selain itu, imbuh Hendra Aditia, upaya perbaikan gangguan Pembangkit Osmok dikarenakan pergesekan pohon dengan kabel bungkus dengan langkah perbaikan, membagi jaringan menjadi 4 (empat) lokasi (cara ini mempersempit titik lokasi gangguan yang belum diketahui).

“Setelah pengecekan ke 3 (tiga) titik gangguan ditemukan di depan bengkel mobil suzuki oeba, di mana personil menemukan kabel bungkus bergesek dengan pohon yang mengakibatkan luka dan terhentinya aliran listrik ke pelanggan,” ungkapnya seraya menandaskan bahwa pada pukul 01:30 WITA, sistem sudah kembali normal.

Kepada pelanggan, PLN Kupang mengucapkan terima kasih atas semua dukungan doa, maka gangguan yang terjadi sudah teratasi dan kondisi saat ini penyediaan energi listrik kepada pelanggan sudah normal semua di wilayah Fatubesi, Oeba, sebagian Jalan Timor Raya, Bonipoi, Jalan Nangka dan sekitarnya. Namun, jika di rumah sekitar bersama tetangga masih padam mohon melaporkan ke call center PLN 123 (kode area 123 bila menggunakan telepon genggam) atau menggunakan aplikasi PLN Mobile, sehingga terekam secara sistem dan termonitor tindaklanjutnya oleh petugas PLN.

Bila di rumah tetangga sudah menyala namun di rumah sendiri masih padam agar melakukan:

Pertama, Mengecek MCB (pembatas daya pelanggan) pastikan dalam posisi normal, bila tidak agar :

  • Menormalkan posisi MCB (pembatas daya pelanggan) ke posisi “ON”, apabila MCB mengalami “OFF” atau tekan lagi agar melepas/mencabut semua stop kontak / off semua saklar lampu di rumah;
  • Menormalkan ulang posisi MCB (pembatas daya pelanggan) dan nyalakan secara bertahap tiap stop kontak / saklar yang dalam posisi “OFF” tadi. Untuk menghindari MCB (pembatas daya pelanggan) tekan lagi;
  • Apabila saat melakukan poin b, pada salah satu titik menyebabkan MCB (pembatas daya pelanggan) “OFF”/tekan agar menghubungi instalatur untuk memperbaikinya karena instalasi listrik di rumah merupakan tanggung jawab pelanggan.

Kedua, Mengecek MCB (pembatas daya pelanggan) dan ternyata normal agar melaporkan ke call center PLN 123 (kode area 123 bila menggunakan hp) atau menggunakan aplikasi PLN Mobile sehingga laporan terekam secara sistem dan termonitor tindaklanjutnya oleh PLN.

Penulis dan Editor (+roni banase)