72 Anggota Bawaslu Provinsi Periode 2022—2027 Dilantik

Loading

Jakarta, Garda Indonesia | Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) melantik 72 anggota Bawaslu Provinsi dari 24 Provinsi. Pelantikan tersebut dipimpin oleh Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dan didampingi empat anggota Bawaslu lainnya, yaitu Lolly Suhenty, Herwyn J.H Malonda, Totok Hariyono dan Puadi.

Dalam pelantikan tersebut Bagja berpesan kepada anggota Bawaslu provinsi terpilih agar menjaga hubungan baik sesama penyelenggara pemilu, tanpa melanggar undang-undang yang berlaku.

“Kita (Bawaslu, KPU, dan DKPP) harus menjadi keluarga besar penyelenggara pemilu,” pesan Rahmat Bagja dalam pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota Bawaslu Provinsi masa jabatan 2022—2027 di Jakarta pada Rabu, 21 September 2022.

Bagja juga mengatakan Bawaslu, KPU, dan DKPP merupakan tiga penyelenggara pemilu untuk menyukseskan pemilu di Indonesia. “Ke depan Bawaslu, KPU dan DKPP akan lebih baik lagi,” ujarnya.

Sebagai informasi, tim seleksi (Timsel) anggota Bawaslu Provinsi di 25 provinsi  mencatat sebanyak 2.815 orang yang mendaftar. Hasilnya, sekitar 2.348 orang lolos seleksi administrasi dan dapat mengikuti seleksi tertulis dan tes psikologi.

Dilanjutkan dengan tes tertulis dan wawancara yang dilakukan Timsel. Lalu, 20 Agustus 2022, tim seleksi menyerahkan 150 nama calon anggota Bawaslu dari 25 provinsi untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan. Dari 150 ditetapkan 75 orang sebagai anggota Bawaslu provinsi. Sementara, untuk 3 (tiga) anggota Bawaslu provinsi DKI akan dilantik pada 16 Oktober 2022.

Hadir juga Ketua KPU Hasyim Asyari, Anggota KPU Mochammad Afifuddin dan Anggota DKPP Ratna Dewi Pettalolo.(*)

Sumber (*/Humas Bawaslu RI)

Editor (+roni banase)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *