oleh

Persami Takluk, Persebata Raih Tiket Semifinal ETMC 2022

Lembata, Garda Indonesia | Persebata Lembata memastikan diri lolos ke babak semifinal kualifikasi Liga 3 El Tari Memorial Cup XXXI Tahun 2022. Laskar Sembur Paus sukses menaklukkan dan memulangkan Persami Maumere melalui drama adu pinalti, setelah imbang 1-1 pada waktu normal.

Sejak babak pertama, Persami Maumere lebih memilih bertahan dan membiarkan striker pinjaman dari PSN Ngada, Yoris Nono, seorang diri di jantung pertahanan Persebata. Strategi ini mampu menahan laju serangan Persebata Lembata yang dimotori duet kembar bernomor punggung 7 dan 10, Cesar Aprilio dan Luis Aprilio.

Persami kemudian mengubah taktiknya pada babak perpanjangan waktu.

Perubahan strategi Persami Maumere di paruh kedua babak perpanjangan waktu sukses memaksa kiper Persebata Lembata, Luis Betekeneng memungut bola dari gawangnya. Gol Persami tercipta melalui sepakan keras Marselino Patrix dari luar kotak penalti pada menit ke-91.

Ketinggalan gol membuat anak-anak pasukan sembur paus makin gencar melancarkan serangan. Kemelut terjadi di mulut gawang Persami Maumere, dan seorang pemain Persebata Lembata terjatuh. Wasit Antonius Rismadji dari Kota Kupang menunjuk titik putih. Hadiah penalti bagi Persebata Lembata.

Sontak saja, protes keras tim pelatih dan ofisial Persami yang merasa anak-anak asuh mereka tidak melakukan pelanggaran. Seluruh pemain Persami diminta tinggalkan lapangan. Namun, mereka berhasil dibujuk untuk kembali ke lapangan.

Asten Making, eksekutor yang disiapkan pelatih Persebata, Hasan Wahar sungguh tenang melakukan sepakan. Penjaga gawang Persami harus memungut bola dari gawangnya. Kedudukan imbang, 1-1, bertahan sampai babak perpanjangan waktu usai. Maka, penentu kemenangan dilakukan melalui drama adu penalti.

Menariknya, pelatih Persebata Lembata, Hasan Wahar sudah menarik keluar penjaga gawang Luis Betekeneng, dan memasukkan Marianus Labi Namang. Ini juga dilakukan dalam laga sebelumnya menghadapi PS Malaka. Rupanya, Namang memang disiapkan khusus untuk adu penalti. Insting Hasan Wahar benar-benar jitu.

Pada babak adu penalti, dua eksekutor Persami yakni Marselino Patrix dan Hendrawan Poar gagal mengeksekusi tendangan 12 pas tersebut.

Persebata lolos ke babak semifinal dengan skor akhir 5-3 (4-2) atas Persami Maumere. (*)

Penulis (*/Roni Banase+ berbagai sumber)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.