Cara Cerdas Bank NTT Bantu Bendahara Melalui CMS SP2D Online

Loading

Kupang, Garda Indonesia |  Bank NTT tidak pernah berhenti dengan inovasi dan terobosan cerdas. Berbagai produk digitalisasi diterapkan untuk membantu masyarakat dan Pemda seluruh NTT.

Kali ini, bank yang kini dipimpin Dirut Harry Alexander Riwu Kaho menerapkan Cash Management System (CMS) SP2D Online bagi seluruh Pemda. Seluruh Bendahara Pemda diberikan bimbingan secara teknis untuk melakukan proses transaksi real time secara mandiri.

”Metode yang diterapkan ini terkoneksi langsung antara aplikasi CMS Bank dengan Sistem Informasi Keuangan Pemda. Ini sangat memudahkan Laporan Keuangan Pemda secara real time tanpa harus dimintakan ke Bank,” tegas Kepala Sudivisi Pengembangan System, pada Divisi Riset dan Development Bank NTT, Fery Maftukhi di Hotel Kristal Kupang pada Kamis, 8 Desember 2022.

Menurut Fery, dengan penerapan DMS SP2D Online maka penyerapan anggaran dapat terealisasi secara maksimal. “Juga meningkatkan poin index Digitalisasi Pemda dalam penerapan TP2DD-Bank Indonesia,” sebutnya.

Disebutkan Fery, seluruh Pemda di NTT sudah teredukasi dengan baik selama ini, karena telah menggunakan CMS Bank NTT sebelum Online. Dan, petugas user di sebagian besar Pemda di NTT didominasi oleh kalangan milenial, yang mengerti akan penggunaan teknologi.

“Pemda membuat kebijakan yang bersinergi dengan penerapan digital non-tunai,” ujarnya.

Ia menyebut, apa perbedaannya dengan penerapan sistem sebelumnya yaitu birokrasi dalam proses pencairan sangat panjang. “Sedangkan sekarang, tidak perlu antre ke bank di jam operasional, karena sudah bisa digunakan 7/24 jam. Kemudahan dalam pembayaran Modul Penerimaan Negara (MPN) generasi-2 merupakan milik Kemenkeu,” sebutnya.

Dalam kegiatan bimtek tersebut, hadir memberikan arahan Kepala Devisi Dana Bank NTT, Aloisius Geong serta Perwakilan BPKP NTT Faris Nandar.

Untuk diketahui, penerapan CMS generasi satu sudah diterapkan di seluruh Pemda se-NTT sejak beberapa tahun lalu. Sedangkan versi terbaru ini sudah delivered per tanggal 17 Agustus 2022 adalah Pemda Kabupaten Belu.

Belu adalah Kabupaten pertama yang menggunakan FMIS versi 5 BPKP. Dan itu sudah diungkapkan berkali-kali oleh BPKP dalam berbagai kegiatan BPPP di berbagai wilayah. Sehingga menjadi kebanggaan tersendiri buat Bank NTT, Pemda Kabupaten Belu, dan umumnya juga buat NTT.(*)

Sumber (*/tim/llt/st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *