Sembilan Pemda di NTT Masuk Kategori Digital

Loading

Kupang, Garda Indonesia | Indeks elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (IETPD) seluruh pemerintah daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT) menunjukkan perkembangan positif, bahkan terdapat 9 (sembilan) pemda dari 23 pemda di NTT yang sudah masuk kategori digital pada akhir 2022.

Demikian disampaikan Deputi Bank Indonesia Perwakilan NTT, Daniel Agus Prasetyo dalam siaran pers yang diterima media ini pada Jumat, 20 Januari 2023.

Diungkapkan Daniel Agus Prasetyo, sebelumnya pada tahun 2021, pemda yang masuk kategori ini hanya 1 pemda. Pemda dengan kategori digital pada 2022 tersebut adalah Kota Kupang, Kabupaten Manggarai Barat, Ende, Ngada, Rote Ndao, Belu, Sumba Tengah, Alor dan Nagekeo.

Kesembilan pemda tersebut, imbuh Daniel Agus Prasetyo, tercatat sudah melakukan implementasi pembayaran pajak dan retribusi non-tunai, transaksi pengeluaran secara non-tunai, SP2D online dan berbagai variasi kanal pembayaran pajak dan retribusi seperti QRIS, ATM, EDC, ataupun e-commerce.

Selain itu, salah satu pendorong digital yakni telah terintegrasinya cash management system (CMS) dengan sistem keuangan pemda. Sementara itu, 13 pemda masih berada di kategori berkembang dan 1 pemda di kategori sementara berkembang.

Meningkatnya elektronifikasi transaksi pemda tersebut sejalan dengan strategi meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Digitalisasi ekonomi dan keuangan merupakan salah satu kunci dalam pemulihan ekonomi nasional dan daerah.

“Dengan adanya elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD), maka dapat diperbesar peluang peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) melalui pembayaran pajak dan retribusi secara non-tunai serta terwujudnya praktik good and clean governance,” tandas Daniel Agus Prasetyo.

Berdasarkan data dari Badan Keuangan Daerah Provinsi NTT, total pendapatan daerah dari seluruh Pemda di NTT pada tahun 2022 adalah sebesar 24,9 Triliun Rupiah dan baru sekitar 10% dikontribusikan dari PAD. Diharapkan dengan percepatan dan perluasan implementasi ETPD dapat mendongkrak realisasi PAD di seluruh Pemda di NTT pada tahun 2023.

ETPD merupakan program yang digagas pemerintah melalui Kementerian Koordinator Perekonomian (Kemenko Perekonomian), yang didukung dengan pembentukan tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah (TP2DD) di seluruh pemda di Indonesia, termasuk di Nusa Tenggara Timur.

TP2DD beranggotakan kepala daerah, Bank Indonesia, instansi vertikal pendukung digitalisasi, dan BPD NTT selaku Bank Rekening Kas Umum Daerah (RKUD). Adapun di NTT, seluruh pemerintah daerah sudah membentuk TP2DD. Hasil implementasi ETPD dinilai melalui IETPD.

Indikator penilaian dalam IETPD terbagi menjadi 3 aspek, yakni aspek implementasi dengan bobot 70%, aspek realisasi dengan bobot 10%, dan aspek lingkungan strategis dengan bobot 20%. Pada aspek implementasi, poin penilaian terbagi menjadi 3 bagian, yakni elektronifikasi transaksi belanja (30%), elektronifikasi transaksi pendapatan (40%) dan variasi penggunaan kanal pembayaran pada pendapatan (30%). Pada aspek realisasi, poin penilaian terbagi atas realisasi melalui kanal digital dan semi digital. Sedangkan pada aspek lingkungan strategis, poin penilaian terbagi menjadi 3 bagian, yakni penggunaan sistem informasi keuangan daerah (80%), kesiapan infrastruktur telekomunikasi (10%) dan kegiatan sosialisasi oleh pemda (10%).

Pada tahun 2023, Bank Indonesia bersama Pemprov NTT menargetkan seluruh pemda masuk dalam kategori digital, untuk itu, diperlukan koordinasi dan kolaborasi aktif di dalam tim TP2DD guna mendorong implementasi ETPD di masing-masing pemda lebih cepat dan lebih luas. Bank Indonesia memiliki komitmen penuh mendukung implementasi ETPD guna mendorong pemulihan ekonomi nasional.(*)

Sumber (*/BI Perwakilan NTT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *