Ala Virtual, BNN Kota Kupang Semarakkan Puncak HANI 2023

Loading

Kota Kupang, Garda Indonesia | Hari Anti Narkotika Internasional atau International Day against Drug Abuse and Illicit Trafficking diperingati oleh negara-negara di dunia pada tanggal 26 Juni setiap tahunnya untuk memperkuat aksi dan kerja sama dalam mencapai dunia yang bebas dari penyalahgunaan narkotika.

Tanggal tersebut ditetapkan berdasarkan Resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Nomor : 42/112 pada 7 Desember 1987, sebagai hari internasional menentang penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Pada tahun 2023, HANI mengusung tema internasional : “People first: stop stigma and discrimination, strengthen prevention”, sedangkan tema nasional HANI adalah : “Akselerasi War On Drugs Menuju Indonesia Bersinar”.

Puncak peringatan HANI 2023 dilakukan oleh BNN RI bersama dengan seluruh elemen bangsa serta perwakilan negara-negara sahabat di Garuda Wisnu Kencana, Badung Bali, pada Senin, 26 Juni 2023.

Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika adalah kejahatan luar biasa yang membahayakan generasi muda dan merusak daya saing bangsa. Kita tidak boleh tinggal diam, kita harus melakukan langkah-langkah nyata. Tegakkan hukum sekeras-kerasnya pada bandar dan pengedar narkotika, tingkatkan upaya rehabilitasi bagi pecandu narkotika, perkuat ketahanan keluarga dan masyarakat, dan tingkatkan kesadaran tentang bahaya narkotika yang dimulai sejak dini. Presiden Republik Indonesia mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadikan HANI tahun ini sebagai momentum untuk semakin memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Kepala BNN RI, Dr. Petrus R. Golose, M.M. dalam sambutannya menyampaikan, sebagai bentuk sinergitas dengan menitikberatkan pada implementasi rencana aksi Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, sebagaimana Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) tahun 2020—2024, Badan Narkotika Nasional terus menggelorakan “War On Drugs”,  “Speed Up Never Let Up” dan “Accelerate War On Drugs”.

Hal ini merupakan perwujudan langkah percepatan pelaksanaan strategi yang dibangun Badan Narkotika Nasional menuju Indonesia Bersinar “Indonesia Bersih Narkotika” melalui strategi soft power approach, hard power approach, smart power approach and cooperation.

Kepala BNN RI turut menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah bekerja sama, saling koordinasi, berkolaborasi dan terus bersinergi dengan BNN RI dalam upaya yang berkesinambungan guna menuju Indonesia Bersinar (Indonesia Bersih Narkoba).

Pada acara puncak peringatan HANI 2023 juga dilakukan penyerahan penghargaan P4GN dan hadiah berbagai lomba kreasi seni yang diadakan oleh BNN.

Kepala Sub Bagian Umum BNN Kota Kupang, Maria M. Deru Bate, S.Pt bersama seluruh staf pun mengikuti puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2023 secara virtual pada Senin, 26 Juni 2023 pukul 18.00 WITA—selesai.(*)

Sumber (*/tim BNN Kota Kupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar