Dekranasda Belu Partisipasi di Indonesia Maju Expo Jakarta

Loading

Jakarta, Garda Indonesia | Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia menghelat ajang Indonesia Maju Expo pada Kamis, 1 Juni 2023 di Plaza Selatan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong agenda pembangunan nasional serta mendukung iklim perekonomian lokal yang berorientasi ekspor. Terdapat pameran, webinar, workshop, business matching, social event, procurement network, dan pagelaran budaya.

Bertema “Transformasi Ekonomi dan Nasionalisme untuk Indonesia yang Berkelanjutan”. Sementara Forum 2023, akan menjadi wadah dialog, belajar, serta sosialisasi transformasi ekonomi digital bagi pemerintah daerah, pebisnis, dan masyarakat.

Pemkab Belu melalui Dekranasda gencar mempromosikan produk-produk lokal unggulan dalam perhelatan Indonesia Maju Expo dan Forum 2023 dengan membuat gerai pameran di Plaza Selatan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus mengatakan, Kabupaten Belu mengikuti kegiatan Indonesia Maju Expo dan Forum 2023, sebagai sebuah peluang untuk lebih dikenal oleh wilayah lain. “Dekranasda Kabupaten Belu menampilkan produk-produk unggulan, mulai dari kuliner dan fashion hingga yang lainnya. Semua adalah binaan Dekranasda Kabupaten Belu,” ujarnya.

Ketua Dekranasda Belu, Dra. Freny Sumantri Taolin berpose menunjukkan hasil kreasi UMKM

Agus Taolin membeberkan, pada momentum Indonesia Maju Expo 2023, menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Belu, sebagai satu-satunya kabupaten di NTT yang menghadirkan stan pameran di Plaza Selatan TMII Jakarta.

“Terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Belu atas seluruh kreasi dan karya berupa produk tenun dan kerajinan untuk dipamerkan di arena ekspo. Beberapa kedutaan besar dan kepala daerah dari Denpasar dan Sulawesi juga sempat mengunjungi stand pameran asal Belu,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Belu, Dra. Freny Sumantri Taolin bersama jajaran yang telah berupaya dengan segala keterbatasan, hingga produk-produk unggulan asal Kabupaten Belu ini dapat dipamerkan di TMII Jakarta.

“Terima kasih kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Belu yang sudah menyiapkan stan pameran ini dengan segala keterbatasan,” ucap Bupati Belu.

Harapannya, dengan mengikuti Indonesia Maju Expo ini produk-produk asal wilayah perbatasan RI-RDTL, Kabupaten Belu lebih dikenal dan dibeli oleh masyarakat luas. Tentunya hal ini juga menjadi kebanggaan bagi sejumlah pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) asal Kabupaten Belu, karena hasil karya mereka difasilitasi untuk mengikuti Indonesia Maju Expo sebagai even nasional yang sangat memberikan peluang bagi pelaku UMKM untuk lebih memperkenalkan produk ke masyarakat yang lebih luas, termasuk mancanegara.

Informasi yang dihimpun, sejumlah pengunjung stan pameran Kabupaten Belu, mengaku produk-produk unggulan Kabupaten Belu sudah baik kualitasnya, tinggal bagaimana lebih gencar lagi melakukan promosi hingga ke tingkat nasional dan internasional.

Sumber (*/Prokopim Belu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *