RESTORATIF JUSTICE! Seteru Hangry Mooy vs Mathias Bisinglasi Selesai

Loading

Ba’a, Garda Indonesia | Adu mulut atau seteru antara sekretaris umum panitia pelaksana El Tari Memorial Cup ETMC XXXII Rote Ndao 2023, Hangry Mooy versus pelatih tim Persarai Sabu Raijua, Mathias Bisinglasi berujung penyelesaian melalui mediasi di Polres Rote Ndao.

Baca juga:

https://gardaindonesia.id/2023/08/ribut-panitia-dan-pelatih-etmc

Pada Selasa, 22 Agustus 2023, bertempat di Satuan Reserse dan Kriminal Polres Rote Ndao, telah dilakukan mediasi penyelesaian dugaan tindak pidana ITE yang dilaporkan oleh Hangry Mooy pada Selasa, 15 Agustus 2023.

Hadir dalam proses mediasi dimaksud antara lain, Hangry M. J. Mooy, SH, M.Si selaku pelapor; Mathias Bisinglasi selaku terlapor; Drs. Melky Kana (Ketua KONI Kabupaten Sabu Raijua) selaku saksi; Piter A. Fomeni (perwakilan Asprov PSSI NTT) selaku saksi; Lukman Hakim, S.E (Perwakilan Asprov PSSI NTT) selaku saksi;  Stef Palaka (KBO Reskrim Polres Rote Ndao); Wayan Jawana (Kanit Tipidter Reskrim Polres Rote Ndao); dan Adri A. Sine (Penyidik/Penyidik Pembantu Unit Tipidter Reskrim Polres Rote Ndao).

Hangry Mooy kepada Garda Indonesia, Selasa siang, 22 Agustus 2023 menyampaikan mediasi penyelesaian secara restorative justice dilakukan karena adanya itikad baik dan permohonan maaf dari terlapor (Mathias Bisinglasi, red).

Adapun keadilan restoratif atau restoratif justice merupakan sebuah pendekatan untuk menyelesaikan konflik hukum dengan menghelat mediasi antara korban dan terdakwa, terkadang juga melibatkan para perwakilan masyarakat secara umum.

Tujuannya restoratif justice adalah untuk saling bercerita mengenai apa yang telah terjadi, membahas siapa yang dirugikan oleh kejahatannya, dan bagaimana mereka bisa bermusyawarah mengenai hal yang harus dilakukan oleh pelaku untuk menebus kejahatannya. Hal yang bisa dilakukan meliputi pemberian ganti rugi kepada korban, permintaan maaf, atau tindakan-tindakan pencegahan agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

Penulis (+roni banase)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *