TANTANGAN! Kayak Flores Sea Expedition Menuju Laut Selatan Flores

Loading

Flores, Garda Indonesia | Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, adalah fakta yang diakui oleh dunia. Kekayaan bahari, keragaman budaya dan suku bangsa dari 17 ribu pulau menjadi entitas Indonesia. Memaknai kondisi tersebut dan mengembalikan semangat bahari anak bangsa, maka Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung, WANADRI, berkolaborasi dengan Komunitas Budaya RUMAH NUSANTARA, merancang sebuah program Ekspedisi Berkelanjutan Dayung Jelajah Nusantara (DJN).

Pelaksanaan ekspedisi akan ditandai oleh pendayungan pertama bertajuk ‘Flores Sea Kayak Expedition’. Awak ekspedisi ini terdiri dari gabungan antara anggota WANADRI dan anggota Gema Putera Puteri Lembata (GEMPITA) dan dibagi menjadi enam orang pedayung (tim Segara) dan empat orang tim pendukung darat (tim Nusa).

Tim Segara akan melakukan dayung sirkumnavigasi atau mengitari pesisir pulau Flores dari Labuan Bajo hingga kembali ke Labuan Bajo, yang berjarak tempuh 1.050 km. Secara paralel tim Nusa akan mengitari pulau Flores menggunakan mobil dan motor sekaligus men-support perjalanan Kayak Laut tim Segara. Perkiraan durasi pelaksanaan hari di periode Agustus—Awal Oktober 2023.

Setelah tim mendayung dari Labuan Bajo sejak tanggal 7 Agustus 2023, tiba di Larantuka pada tanggal 1 September setelah menempuh 522,47 km, sekaligus bersiap menghadapi paruh kedua perjalanan ekspedisi yaitu menempuh pesisir Selatan Flores.

“Pesisir Selatan dengan ombak Laut Sawu serta medan tebingnya menjadi tantangan tersendiri bagi tim ekspedisi. Kami bersiap untuk segala antisipasi kemungkinan tantangannya, sambil kami berdoa dan memohon doa dari teman-teman di Larantuka dan Flores secara keseluruhan agar kami dapat menghadapi perjalanan kami dengan aman”, ujar Derry Juliansyah, komandan Operasi Flores Sea Kayak Expedition.

Tim Ekspedisi Jelajah Nusantara saat berada di laut Flores. Foto : tim

Tujuan Ekspedisi Dayung Jelajah Nusantara

Yoppi Saragih, Ketua Ekspedisi Dayung Jelajah Nusantara mengatakan, tujuan ekspedisi ini meliputi 3 (tiga) area utama yakni:

Pertama, untuk menegaskan pada masyarakat dunia bahwa Indonesia merupakan lokasi petualangan pesisir tropis terbaik. Dan ini akan dimulai dengan menyiarkan keindahan alam di Kawasan pesisir Pulau Flores. Selain keindahan alam, ekspedisi ini juga akan mengamati bagaimana masyarakat di kawasan pesisir menghadapi perubahan global (secara iklim, kebudayaan, kesejahteraan, dan lingkungan).

Kedua, ekspedisi ini ingin menegaskan dan mendalami kembali seni mendayung sebagai warisan budaya Nusantara. Ekspedisi ini juga sebagai bukti bagi pegiat aktivitas kayak dunia bahwa Indonesia mulai mendalami kegiatan Kayak Laut/Kayak Jelajah secara profesional.

Ketiga, ekspedisi ini adalah penanda dimulainya ekspedisi berseri Dayung Jelajah Nusantara yang akan mengelilingi pulau-pulau besar di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat menginspirasi berbagai penggiat dan peminat petualangan di Indonesia dan Asia Tenggara untuk melakukan penjelajahan serupa di berbagai area pesisir Nusantara, sepanjang tahun.

“Selama proses ekspedisi berjalan, tujuan-tujuan di atas akan didukung lewat publikasi berupa berbagai konten di media sosial tentang persiapan dan perjalanan ekspedisi, termasuk pengetahuan terkait ilmu penjelajahan pesisir tropis dengan kayak laut/jelajah. Selain media sosial, publikasi juga dilakukan melalui rekanan media,” ujar Yoppi.

Nantinya, penerbitan karya dokumentasi lain juga akan dilakukan meliputi penerbitan buku Flores Sea Kayak Expedition ; buku Berkayak di Lautan Tropis/Sea Kayaking on Tropical Waters ; pameran foto, dan beberapa kegiatan lain akan menjadi sasaran publikasi dari tim ekspedisi.

“Keberhasilan Dayung Jelajah Nusantara – Flores Sea Kayak Expedition ini tidak lepas dari dukungan dan kebersamaan semua pihak: komunitas penggiat alam NTT, komunitas kayak laut di Indonesia dan negara-negara sahabat, generasi muda Indonesia dan juga pihak-pihak sponsor,” ungkap Yoppi.(*)

Sumber (*/tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *