Kempo NTT Raih Medali Emas Kejuaraan Dunia di Jepang

Loading

Tokyo, Garda Indonesia | Sekitar 153 kenshi atau atlet Kempo Indonesia berlaga dalam kejuaraan dunia Shorinji Kempo, World Taikai, yang dihelat di Nippon Budokan, Tokyo, Jepang, pada tanggal 6—13 Oktober 2023.

Tak ketinggalan, sebanyak 15 atlet Kempo NTT juga berangkat ke Jepang bergabung dengan atlet Kempo Indonesia untuk berlaga di ajang “Shorinji Kempo Takai 2023”. 15 khensi (sebutan anggota dalam kempo) NTT terdiri dari 8 (delapan) atlet putra dan 7 (tujuh) atlet putri telah berada di Jepang sejak 4 Oktober 2023.

Ketua Pengprov Persaudaraan Bela Diri Kempo Indonesia Nusa Tenggara Timur (PERKEMI NTT), George Hadjoh pada Minggu sore, 8 Oktober 2023 menyampaikan, kontingen Perkemi NTT berhasil merebut dua medali emas, dua perak dan dua perunggu dalam kejuaraan dunia Shorinji Kempo Takai 2023 di Tokyo, Jepang.

George Hadjoh pun membeberkan perolehan kontingen PERKEMI NTT. “Emas diraih Farel Totomone & Aristo Naben (Embu ps pa kyu kenshi) dan Yustino Elmaser & Dionisius Ramli (Embu ps 2 Dan). Perak diraih oleh Dewinda F. Pinis & Romana Kenshi Balla (Embu ps Pi kyu kenshi) dan Ingki D. Pinis & Fitri Radja Huki (Embu pa pi I Dan),” urainya.

Kontingen PERKEMI NTT, imbuh George Hadjoh yang juga menjadi pelatih kepala, juga meraih perunggu yakni Varel Kuhurima (Embu solo kyu I) dan Cyprianus Palbeno & Zakharias Naimena (Embu ps pa I Dan).

Torehan prestasi juga dipersembahkan kontingen PERKEMI NTT dengan menempati peringkat keempat di bawah Jepang  yakni Danieta Belavania (embu solo Yudansha) dan dan Fernando A Balla (embu solo yudansha) dan peringkat kelima oleh Mario M Bere.

Dengan demikian, tandas George Hadjoh, total perolehan medali oleh atlet Kempo Indonesia (termasuk kontingen PERKEMI NTT, red) yakni 4 (empat) emas, 4 (empat) perak dan 5 (lima) perunggu juga kontribusi medali dari kontingen PERKEMI Kaltim yakni 2 (dua) emas, 1 (satu) perak, dan 1 (satu) perunggu.

Sementara itu, dirilis dari Antara, Pendiri PB Perkemi Indra Kartasasmita mengatakan Kempo adalah cabang olahraga yang kental dengan budaya Indonesia-Jepang yang mengajarkan nilai-nilai kasih sayang dan persahabatan.

World Shorinji Kempo Organization (WSKO) adalah organisasi yang didirikan di Jepang pada akhir 1960-an.

Dari data PB Perkemi, saat ini terdapat 195.000 kenshi Indonesia yang berlatih di 1.670 dojo di 32 provinsi di Indonesia.(*)

Penulis (+Roni Banase)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar