SMKN 5 Kupang Terima Indonesia Most Trusted School Award 2024

Loading

Surabaya, Garda Indonesia | Segenap siswa-siswi, para guru, komite sekolah, para orang tua murid dan masyarakat Kota Kupang patut berbangga, pasalnya salah satu sekolah favorit di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), SMKN 5 Kupang menerima penghargaan Indonesia Most Trusted School Award 2024 kategori “The Most Favorite School in Education Quality Excellent of the Year”. (sekolah favorit terbaik dalam kualitas pendidikan unggul tahun 2024).

Penghargaan bergengsi ini diberikan oleh Indonesia Achievement Center dan diterima langsung oleh Kepala SMKN 5 Kupang, Dra. Safirah Abineno pada Rabu, 27 Maret 2024 pukul 18.30 WIB—selesai  di ballroom Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya.

Adapun Indonesia Achievement Center merupakan institusi independen yang telah dipercaya dalam tingkat nasional sebagai panduan standar kualitas terbaik, penghargaan untuk kualitas tertinggi dan bergengsi di Indonesia, serta memberikan apresiasi kepada pendidik dan lembaga pendidikan terbaik yang berhasil menerapkan inovasi-inovasi dalam dunia pendidikan.

Sebelumnya, SMKN 5 Kupang pun memperpanjang kesempatan berharga disambangi Presiden Jokowi pada Rabu, 6 Desember 2023. Kunjungan Presiden Jokowi untuk meninjau fasilitas dan praktik pembelajaran siswa. Presiden Jokowi pun mengapresiasi kegiatan praktik pembelajaran di sana yang dinilai sudah baik.

Hadiah Paskah 2024

Kepala SMKN 5 Kupang, Safirah Abineno kepada media ini pada Rabu malam,27 Maret 2024 mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan dan rasa bangga bahwa sekolah yang mendapat hadiah mobil baru dari Presiden Jokowi untuk praktik siswa ini telah dinilai layak dan pantas oleh ketua penyelenggara Indonesia Trusted School Award 2024, Herawan Puspo Lukito.

Diungkapkan Safirah Abineno, panitia penyelenggara telah melakukan sejumlah penilaian dengan mengacu pada beberapa kriteria yaitu: Quality, Performance, Responsibility, Transparancy & Attractiveness dengan atribut pengukuran seperti mempunyai layanan pendidikan inovatif dan berkualitas, pengelolaan manajemen yang baik, mampu berkembang mengikuti perubahan dan memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi sehingga SMK 5 Kupang terpilih dengan kategori “The Most Favorite School in Education Quality Excellent of the Year”.

“Ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi saya sebagai top manager, bagaimana saya harus bisa tetap menggerakkan komunitas SMKN 5 Kupang untuk terus bergerak untuk mempertahankan penghargaan bergengsi ini,” ucapnya.

Safirah Abineno pun menandaskan bahwa penghargaan Indonesia Most Trusted School Award 2024 merupakan hadiah Paskah bagi SMKN 5 Kupang.

Latar belakang SMKN 5 Kupang

SMKN 5 Kupang merupakan salah satu SMK di Provinsi NTT yang ditetapkan oleh Kemdikbud sebagai salah satu sekolah pelaksana pusat keunggulan pada tahun 2020 sebagai SMK Center of Excelence pada program ‘Keahlian Teknik Energi Terbarukan”.

Kemudian pada tahun 2021 SMKN 5 Kupang kembali terpilih menjadi SMK Pelaksana Pusat Keunggulan, yang dilanjutkan dengan SMK Pelaksana Pusat Keunggulan skema lanjutan pada tahun 2022 dan 2023.

Meski berada jauh dari pusat ibu kota Negara, namun SMKN 5 Kupang digerakkan oleh sosok perempuan hebat yang memiliki impian anak-anak didik bisa merasakan dan menikmati suasana pembelajaran dengan fasilitas seperti sekolah-sekolah yang berada di kota-kota besar di Indonesia.

Penulis (+Roni Banase)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *