‘Swab PCR Test’ Perdana di NTT, 1 Positif Covid-19 dari Klaster Sukabumi

374 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Hasil Swab PCR Test terhadap 24 sampel yang dilakukan oleh Laboratorium RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang pada Kamis, 7 Mei 2020 akhirnya membuahkan hasil dengan terkonfirmasi 1 (satu) pasien Positif Covid-19 dari klaster Sukabumi, sehingga total kasus di Provinsi NTT menjadi 13 kasus yakni 1 sembuh, 2 klaster gowa, 1 klaster Kapal Lambelu, 8 klaster Sukabumi, dan penambahan 1 kasus Klaster Sukabumi).

Baca juga :

https://gardaindonesia.id/2020/05/06/1-positif-covid-19-lagi-dari-klaster-kapal-lambelu-total-12-kasus-di-ntt

Demikian pernyataan resmi dari Sekretaris I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 di Provinsi NTT, Dr. drg. Domi Minggu Mere dalam sesi konferensi pers pada Sabtu sore, 9 Mei 2020 di Biro Humas dan Protokol Serda NTT.

drg. Domi yang didampingi oleh Karo Humas dan Protokol Setda NTT, lebih lanjut menyampaikan bahwa mesin PCR Real Time yang ada di Lab PCR Test awalnya digunakan untuk memeriksa HIV/Aids. “Dari mesin yang sama dilakukan modifikasi untuk memeriksa Covid-19 dengan melakukan penambahan komponen peralatan,” ungkapnya.

Pada tahap awal, imbuh drg. Domi dilakukan adaptasi dan pada tahap awal tak akan dijalankan dengan maksimal. “Tahap awal kita lakukan untuk 24 sampel swab kasus klaster Sukabumi,” bebernya.

Dari hasil swab tersebut diperoleh hasil 4 swab negatif, jelas drg. Domi, akan dilanjutkan swab kedua. “Dari kondisi tersebut diperoleh 1 (satu) hasil positif Covid-19,” tandas drg. Domi Minggu Mere.

Penulis, editor dan foto (+rony banase)