Prioritas 5.000 Paket Bantuan Presiden RI bagi Masyarakat Kurang Mampu

139 Views

Kota Kupang, Garda Indonesia | Senin, 18 Mie 2020, Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, mengikuti acara serah terima 5.000 paket bantuan Presiden RI dari Kepala Bulog Kantor Wilayah NTT, Taufan Akib di Gudang Bulog Kelurahan Alak. Tiap paket terdiri dari 10 kg beras, 1 kg gula, 1 liter minyak goreng dan 1 kotak daun teh.

Baca juga :

https://gardaindonesia.id/2020/05/17/5-000-paket-sembako-dari-presiden-jokowi-bagi-warga-kota-kupang/

Serah terima paket bantuan Presiden RI tersebut dituangkan dalam Berita Acara Serah Terima (BAST) yang merupakan tindak lanjut dari penyerahan simbolis yang dilaksanakan pada Jumat, 15 Mei 2020 di ruang kerja Wali Kota Kupang.

Wali Kota Jefri menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Perum Bulog Kantor Wilayah NTT yang telah berkenan menyalurkan bantuan sembako ini bagi warga Kota Kupang dan berjanji akan segera menyalurkan bantuan tersebut kepada warga yang telah didata oleh pihak Kelurahan bekerja sama dengan perangkat RT dan RW.

“Proses penyaluran bantuan 5.000 paket ini tentunya akan mengikuti petunjuk pemerintah pusat. Pemerintah Kota Kupang akan menyalurkan bantuan ini kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19 terutama secara ekonomi, yaitu mereka yang tidak masuk dalam daftar penerima manfaat baik dari pemerintah pusat maupun Pemkot Kupang,” urai Wali Kota Jefri.

Ia pun berencana meminta para Lurah untuk mengumumkan nama penerima bantuan tersebut di papan pengumuman Kelurahan masing-masing guna memudahkan pengontrolan. “Kami akan pastikan tidak ada nama ganda dan bantuan diserahkan tepat sasaran, penyaluran akan dikontrol ketat, untuk itu saya akan perintahkan para Lurah untuk mengumumkan daftar penerima bantuan di papan pengumuman kelurahan masing-masing guna transparansi serta memudahkan proses verifikasi,” tegasnya.

Wali Kota Jefri mengatakan pemkot sudah menyiapkan skenario untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 secara sosial dan ekonomi melalui skema penyaluran bantuan baik yang berasal dari pemerintah pusat, provinsi maupun pemkot.

Dalam kesempatan sama, Taufan Akib mengatakan pihaknya telah mengatur sehingga paket bantuan Presiden RI tersebut siap didistribusikan ke Dinas Sosial yang akan meneruskan kepada masyarakat melalui Kelurahan. Masing-masing paket dikemas dalam tas bernuansa merah putih bertuliskan Bantuan Presiden Republik Indonesia. (*)

Sumber berita dan foto (*/PKP_ddy)
Editor (+rony banase)