Suguh Menko Polhukam dan Mendagri, Mgr. Domi Saku : Kita adalah Saudara

142 Views

Belu-NTT, Garda Indonesia | Saat bersua dengan Menko Polhukam RI, Prof. Mahfud MD dan Mendagri, Prof. Tito Karnavian dalam kunjungan kerjanya ke Perbatasan Motaain Timor Leste; ada nuansa persaudaraan dan keberagaman yang menjadi ciri khas Indonesia, dirasakan oleh Uskup Atambua, Mgr. Dominikus Saku, Pr.

Kunjungan Menko Polhukam dan Mendagri ke Istana Uskup Atambua; bagai setitik embun yang menyegarkan euforia persaudaraan di antara sesama anak bangsa. “Saya sangat bergembira untuk suasana istimewa di hari ini,” ucap Uskup Atambua, Mgr. Dominikus Saku, Pr. di Istana Keuskupan Atambua Leliang, Nenuk Belu, pada Kamis, 18 Juni 2020.

Mgr. Domi mengaku, kagum dan bangga bisa bertatap muka langsung dengan orang-orang hebat yang ada di republik ini. “Saya bahagia karena kita bisa bertatap muka langsung dengan orang-orang hebat yang punya komitmen persaudaraan yang kuat untuk membangun Indonesia di tengah keberbagaian ini,” kata Uskup Domi.

Meski di tengah pandemi Covid-19, namun kekuatan persaudaraan di antara anak bangsa terus terjaga dan ini menjadi kekuatan untuk Indonesia yang memiliki ideologi Pancasila. “Ini menjadi kekuatan utama saat kita ada dalam pergumulan bangsa ini menghadapi pandemi Covid-19 tapi juga menjadi kekuatan di negara Pancasila ini. Ini kekayaan yang harus dirawat dan diwarisi terus. Siapa pun dan apa pun kita; kita adalah saudara yang harus saling mengasihi di Indonesia ini,” ucap Mgr. Domi Saku.

Lalu apa tanggapan Menko Polhukam, Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian ? “Mari kita tetap jaga dan rawat kebinekaan yang indah ini untuk terus bekerja keras membangun Indonesia yang maju dan sejahtera,” tandas Menko Polhukam, Mahfud MD.

“Saya sangat senang dan bersyukur bisa berjumpa dengan para rohaniwan terkhususnya YM Uskup Atambua; ini merupakan kenangan indah saat masih mengenyam pendidikan Katolik beberapa waktu lalu. Ada banyak hal yang saya dapat menyangkut pengembangan karakter sebagai anak bangsa di tengah perbedaan kita,” tegas Mendagri, Tito Karnavian.

Kunjungan yang berlangsung selama kurang lebih 30 menit itu mendapat antusiasme dan apresiasi tinggi penuh keakraban dari YM. Uskup Atambua, para pastor, Biarawan dan Biarawati yang ada di Istana Keuskupan Atambua. Saat diterima Uskup Domi Saku, rombongan Menko Polhukam diterima dengan penuh kehangatan senyuman dan disuguhi minuman air kelapa muda segar. Nampak Menko Polhukam dan Mendagri beserta seluruh rombongan tersenyum bangga; karena baru pertama kalinya hadir di Istana Keuskupan Atambua dan menikmati suguhan kelapa muda yang disajikan oleh para biarawan dan biarawati tersebut.

Ikut dalam rombongan Menko Polhukam; Wakil Gubernur NTT, Drs. Josef A. Nae Soi, MM, Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. H. Hamadin, Danrem 161 Wirasakti, Brigjen TNI, Syaiful Rahman, S. Sos, Kabinda, Brigjen TNI Adrianus Suryo Agung Nugroho, S. Sos, M. Tr, Bupati Belu, Willi Lay, Wakil Bupati Belu, Drs. Ose Luan serta tamu undangan lainnya. (*/rb)

Sumber berita dan foto (*/Frans Tiran, S.Si/Kasubag Pelmas dan Hubungan Kelembagaan Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT)