HUT Ke-75 PMI, Dokter Herman Man : PMI Kota Kupang Bangun Solidaritas Pelayanan

231 Views

Kota Kupang, Garda Indonesia | Peringatan HUT ke-75 Palang Merah Indonesia (PMI) di masa Pandemi Covid-19, dihelat PMI Kota Kupang dengan perayaan sederhana dan mengedepankan protokol kesehatan. Berlangsung di Aula Rumah Jabatan Wakil Wali Kota Kupang, pada Kamis, 17 September 2020, dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Kupang Yeskiel Loudoe, Forkopimda Tingkat Kota Kupang, Sekretaris Daerah Kota Kupang Fahrensy P. Funay, pimpinan perangkat daerah lingkup Pemkot Kupang, perwakilan dari PMI Provinsi NTT, Basarnas NTT, Pimpinan Pegadaian Syariah Cabang Kupang, Forum Organisasi Laskar Timor Indonesia, Sukarelawan PMI Kota Kupang dan sejumlah media massa.

Ketua PMI Kota Kupang, dokter Herman Man menyampaikan tema peringatan HUT Ke-75 PMI Tahun 2020 mengusung tema “Solidaritas untuk Kemanusiaan”. Menurutnya, PMI menyadari bahwa nilai-nilai kemanusiaan harus terus dipupuk dan disebarluaskan agar tumbuh dan berkembang rasa kepedulian untuk membantu sesama.

“PMI Kota Kupang harus berada dalam kerangka membangun solidaritas yang strategis bersama masyarakat dalam semua aktivitas pelayanan dan bantuan, serta menjadikan masyarakat bagian dari program kerja PMI bersinergi dalam kerja bidang kemanusiaan,” urainya.

Pelepasan Balon HUT Ke-75 PMI oleh Ketua PMI Kota Kupang, Dokter Herman Man

Dokter Herman Man juga menyampaikan terima kasih yang mendalam kepada seluruh undangan dan sukarelawan atas waktunya untuk turut serta memperingati HUT Ke-75 PMI. Gambaran inilah yang menurutnya harus terus ditunjukkan, bahwa kebersamaan dalam sebuah misi adalah kunci dari sukses, apalagi aktivitas ini sangat berhubungan dengan solidaritas dan kemanusiaan.

Ia pun menambahkan 75 Tahun adalah waktu yang panjang bagi PMI berkiprah dalam bidang kemanusiaan. Pengalaman yang sama panjangnya dengan usia kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini memberikan pelajaran berharga bagi PMI untuk terus mengembangkan diri dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan bantuan PMI kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dokter Herman Man berharap seluruh komponen bangsa dan pemangku kepentingan seperti pemerintah, korporasi, lembaga sosial dan masyarakat serta mitra Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah dapat bersama-sama bergandengan tangan mengatasi berbagai persoalan kemanusiaan. “Mari kita jadikan HUT Ke-75 ini sebagai momentum untuk menjunjung tinggi rasa solidaritas terhadap sesama. Semoga hal ini menjadi semangat untuk PMI dalam mengajak seluruh unsur masyarakat untuk bersinergi menciptakan solidaritas untuk pelayanan kemanusiaan,” pungkasnya.

Pemotongan Tumpeng HUT Ke-75 PMI oleh Ketua PMI Kota Kupang, Dokter Herman Man didampingi oleh Ketua DPRD Kota Kupang dan Sekda Kota Kupang

Jusuf E. A. Sirlalang, selaku koordinator perayaan peringatan HUT Ke-75 PMI kali ini dalam laporannya menyampaikan bahwa, PMI Kota Kupang menyelenggarakan berbagai kegiatan yakni Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Relawan KSR dan SIBAT pada 8—12 September 2020 di aula Wakil Wali Kota Kupang, jalan santai dan pembersihan pantai pada 12 September 2020 di pantai Pasir Panjang, aksi sukarela donor darah pada 15 September 2020 serta puncak perayaan HUT Ke-75 yang dilaksanakan pada 17 September 2020.

“Seluruh kegiatan dirancang untuk mempererat tali silaturahmi antar-pengurus, staf dan relawan PMI Kota Kupang. Di samping itu, tentunya PMI sedang melakukan promosi atau kampanye agar lebih dikenal oleh masyarakat,” bebernya.

Andre Sirlalang menambahkan sejak akhir Maret 2020, Indonesia dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19 yang berdampak pada seluruh aspek kehidupan masyarakat, terutama sosial dan ekonomi. Dalam kondisi tersebut PMI Kota Kupang tidak tinggal diam, sebaliknya PMI Kota Kupang terus menjalankan fungsi dan tugasnya secara optimal. Mulai dari pencegahan, edukasi sampai pada turut serta dalam berbagai penanganan pasien Covid-19.

“Oleh karena itu, mengingat krisis berdampak cukup luas dan diperkirakan masih akan berlangsung, maka PMI mengajak semua masyarakat untuk bersinergi menciptakan solidaritas untuk pelayanan kemanusiaan, baik yang berhubungan dengan Covid-19 maupun di situasi krisis atau bencana lainnya sesuai dengan tema besar yang diluncurkan pada HUT PMI kali ini,” pungkasnya.(*)

Sumber berita dan foto (*/PKP_jms/ech/nis)
Editor (+rony banase)

(Visited 4 times, 1 visits today)