Panen Jagung Program TJPS di Kabupaten Kupang, VBL Digendong ke Lokasi Acara

975 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Saat melakukan panen jagung secara simbolis di lokasi Gerakan Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) dari Kelompok Tani Fajar Kasih di Desa Poto Kecamatan Fatuleu Barat, Kabupaten Kupang pada Jumat, 30 Oktober 2020; Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) disambut hangat dengan Natoni (tutur adat Timor, red), tarian penyambutan, dan dikukuhkan sebagai Tuan Adat oleh masyarakat.

Selain memperoleh apresiasi tersebut, sebagai Gubernur NTT pertama yang menginjakkan kaki dalam kunjungan kerja resminya di Fatuleu Barat, VBL yang didampingi oleh Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, kemudian digendong oleh masyarakat setempat. Sebelum digendong, sempat terlontar guyonan dari gubernur yang rajin melakukan melakukan sidak ke pelosok daerah tersebut.

“Kalian, kuat angkat saya tidak? Saya berat,” ujar VBL kepada masyarakat yang akan menggendong. Selanjutnya, VBL pun digendong dari titik penjemputan menuju ke tenda acara yang berjarak sekitar 10 meter.

Didampingi oleh Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, Gubernur VBL diterima oleh Camat Fatuleu Barat, Kandidus Neno di kantor Desa Poto.

Camat Fatuleu Barat, Kandidus Neno dalam sambutannya menyampaikan sejumlah usulan pembangunan dan apresiasi terhadap Gubernur NTT. “Hari ini, Bapak Gubernur mengunjungi kita di Fatuleu Barat. Sebelumnya kami tahu Gubernur lewat buku dan cerita orang. Karena dalam sejarah kami di Fatuleu Barat, sejak 1958 hingga kini atau sekitar 62 tahun, baru kali ini Bapak Gubernur adalah Gubernur pertama yang mengunjungi Fatuleu Barat. Beberapa usulan yang kami sampaikan berkaitan dengan adanya potensi pertanian, maka kebutuhan kami berupa Alsintan, pompa mesin air, Jaringan Internet dan Listrik,” ungkap Camat Neno.

Gubernur VBL saat panen jagung Program TJPS di Kabupaten Kupang

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe menyampaikan, kondisi Fatuleu Barat saat ini mengalami perkembangan dalam pembangunan infrastruktur jalan yang akan diikuti dengan terpenuhi kebutuhan pembangunan lainnya. “Hari ini, Bapak Gubernur datang panen simbolis jagung Gerakan TJPS. Dapat kita saksikan bersama, meskipun tempat ini gelap, akan tetapi saat jalan kita tidak terantuk seperti dulu. Artinya jalan kita sudah mulus dan itu karena kebijakan bapak Gubernur. Tentunya masyarakat mesti yakin bahwa pasti kita terus diperhatikan oleh Gubernur asalkan kita tetap kerja dan sukseskan Gerakan TJPS untuk mewujudkan kesejahteraan ,”ujar Jerry.

Dalam kunjungan kerjanya, Gubernur VBL didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT, Lecky Frederich Koli. staf Khusus Gubernur, Pius Rengka dan Tim Balai Pengkajian Tekhnologi Pertanian (BPTP) NTT.

Gubernur VBL dalam sambutannya menegaskan, pemimpin itu mesti terus bersama rakyatnya untuk melayani rakyatnya. Karena daerah ini memiliki potensi yang luar biasa, maka harus dikelola dengan baik. Masyarakat mesti memiliki etos kerja yang tinggi dan apa yang menjadi kebutuhan akan dipenuhi di tahun 2021.

“Dalam kepemimpinan saya, tentunya saya terus terjun ke lapangan untuk melayani masyarakat dan memastikan elemen Pemerintah bekerja bersama masyarakat. Hari ini kita panen, Tahun depan (2021) potensi lahan 400 ha yang terverifikasi, Tanam dan panen serta sukseskan Gerakan TJPS maka saya pastikan kebutuhan jaringan listrik dan telepon ada di tempat ini,” tegas Gubernur Viktor.

Selain di Desa Poto, juga dilakukan panen perdana jagung program TJPS pada Kelompok Tani Mutiara di Desa Pariti, Kecamatan Sulamu. Adapun lokasi lahan TJPS untuk Kabupaten Kupang seluas 2.600 ha. Namun, setelah dilakukan Verifikasi Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) untuk musim tanam (MT) periode April—September (ASEP) oleh Pendamping Lapangan, terverifikasi luasan lahannya 375 ha. Khusus Kecamatan Sulamu, luas lahan terverifikasi 110 ha dengan realisasi tanam 67, 05 ha dan Kecamatan Fatuleu Barat, Luas lahan terverifikasi 43,30 ha dengan realisasi tanam 39,20 ha. (*)

Sumber berita dan foto (*/Arbi Kore—Humas dan Protokol Setda NTT)
Editor (+rony banase)

(Visited 61 times, 1 visits today)