Paket SEHATI Siap Dukung Usaha Pertanian dan Perkebunan Masyarakat Belu

606 Views

Belu-NTT, Garda Indonesia | Kewajiban pemerintah di bidang pertanian dan perkebunan adalah mendukung semua usaha rakyatnya. Hal ini dimaksudkan agar semua kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi. Paket SEHATI,  Agustinus Taolin – Aloysius Haleserens hadir dengan menawarkan 5 program unggulan, salah satunya bidang pertanian dan perkebunan.

Paket SEHATI sudah melihat bahwa mata pencaharian mayoritas penduduk di Kabupaten Belu adalah bertani dan berkebun. “Mulai dari pengolahan lahan sampai penjualan hasil, itu menjadi tanggung jawab pemerintah dengan menyediakan traktor untuk balik tanah, bibit, pupuk, obat – obatan, dan menyiapkan pasar untuk penjualan hasil,” demikian ulasan awal anggota DPRD Belu periode 2019—2024, Aprianus Hale dari Fraksi NasDem, saat berkampanye di Dusun Obasan, Desa Duakoran, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Senin, 9 November 2020.

Untuk menjaga kestabilan harga hasil pertanian dan perkebunan, menurut Apri Hale, paket SEHATI akan mengaktifkan BumDes di tingkat desa dan BUMD di tingkat Kabupaten. “Semua hasil seperti lombok, tomat, asam, kemiri akan dibeli oleh pemerintah. Ada standar harga jelas. Jadi, tidak ada lagi harga naik turun,” imbuh anggota Komisi II DPRD Belu yang membidangi pertanian dan perkebunan.

Mantan Ketua LMND Kota Kupang itu juga menyinggung tentang kelalaian pemimpin Belu periode lalu menyangkut pendataan jumlah sarjana. Pemerintah tidak pernah berpikir untuk mendata jumlah orang yang pendidikan terakhirnya sarjana di seantero Belu. “Di sini ada istilah ‘Saturlek’ (Sarjana tur lerek/ Sarjana pengangguran). Kita punya pemerintah Belu ini, tidak mau sediakan pekerjaan bagi para Saturlek ini. Ini akan menjadi salah satu tugas paket SEHATI setelah terpilih nanti, termasuk menyediakan Balai Latihan Kerja bagi pemuda pemudi yang belum punya keterampilan,” papar alumnus Politani Kupang, yang juga pernah menjadi utusan pemerintah RI untuk mengenyam ilmu pertanian di Israel itu.

“Mari kita satukan hati, bulatkan tekad untuk menangkan paket SEHATI, Agustinus Taolin – Aloysius Haleserens. Ingat, tanggal 9 Desember, Coblos nomor urut 2,” ajak mantan Ketua Petani NasDem Belu itu. (*)

Penulis + foto: (*/Herminus Halek)
Editor: (+ronny banase)

(Visited 310 times, 1 visits today)