Konfirmasi Varian Baru Korona, Presiden Imbau Masyarakat Tetap Tenang

523 Views

Jakarta, Garda Indonesia | Presiden Joko Widodo mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk tetap tenang terkait konfirmasi mengenai dua kasus positif mutasi virus korona dari Inggris (B.1.1.7) di Indonesia.

Melalui pernyataan yang diunggah melalui akun YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 4 Maret 2021, Presiden menerangkan kondisi dua orang yang terpapar varian baru dari virus korona tersebut.

“Dua orang yang terpapar varian baru tersebut saat ini sudah negatif,” ungkap Presiden Jokowi.

Hingga saat ini, masih belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa varian baru tersebut lebih mematikan dari virus korona yang selama ini menular di Indonesia. Namun, tetap meningkatkan kewaspadaan dan mencegah dari penularan varian baru virus itu tetap perlu dilakukan bersama-sama.

“Untuk itu, mari kita tetap berdisiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat seiring dengan pelaksanaan vaksinasi yang semakin cepat,” tandasnya.

Sementara itu, dilansir dari detik health, Temuan dua kasus pertama varian baru Corona B117, diumumkan tepat dalam peringatan setahun pandemi COVID-19 di Indonesia. Pasalnya, Virus Corona jenis ini disebut lebih menular dibandingkan varian lainnya.

Dua kasus tersebut ditemukan pada 2 TKW asal Karawang, Jawa Barat, yang baru datang dari Arab Saudi. Dua kasus Corona B117 ini berinisial M (40) dan A (45). Mereka tiba di Indonesia dari Arab Saudi dalam waktu yang berbeda. (*)

Sumber berita dan foto (*/BPMI Setpres)

Editor (+roni banase)

(Visited 245 times, 1 visits today)