‘Nekaf Mese Ansaof Mese’ Satu Hati Satu Jiwa Pengurus IKABI 2021—2024

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | “Nekaf Mese Ansaof Mese Tah hunaka mese tiun oemata mese, Neno Biboki Funan Biboki  – Salu Miomaof Kuluan Maubesi Pah Timo Bi Mafutus Maklion Nok Pah Indonesia, Te Maneak Usif Maneak Tob,” demikian penggalan filosofi pengukuhan Ikatan Keluarga Biboki (IKABI) Periode 2021—2024 yang disampaikan oleh Romo Valens Boy, Pr.

Terjemahan harafiah dari makna tersebut adalah “Satu Hati Satu Jiwa, makan dari ladang dan minum dari satu mata air, Matahari Biboki Bulan Biboki. Orang Timor Tengah Utara (TTU), Tanah Timor dalam Jaringan dan Ikatan dengan Indonesia.”

Pengukuhan Pengurus IKABI Periode 2021–2024 oleh Empat Rohaniwan Katolik

Ikatan Keluarga Biboki (IKABI) Kupang dipersatukan oleh sebuah ikatan cinta yang diejawantakan dalam Ikab atau Tempat Sirih Pinang dan dengan filosofi “Nekaf Mese Ansaof Mese — Satu Hati Satu Jiwa, dari Biboki, oleh Biboki, dan untuk Biboki mendukung TTU yang mandiri dan bermartabat

Pengukuhan Ikatan Keluarga Biboki (IKABI) Kupang periode 2021—2024 yang dinakhodai oleh Dra. Bernadeta M. Usboko, M.Si. mengusung tema “Nekaf Mese Ansaof Mese” diselenggarakan pada Minggu pagi, 6 Juni 2021 pukul 10.30 WITA—selesai di Hotel Neo Aston Kupang yang dihadiri oleh Bupati TTU, Juandi David dan Wakil Bupati, Eusabius Binsasi; mantan Bupati TTU, Gabriel Manek (anggota DPRD Fraksi Golkar Provinsi NTT), dan salah satu pendiri IKABI, Benyamin Usboko.

Simak Video IKABI oleh Tulasi Benyamin : https://youtu.be/XmvB3rPdFwM

Prosesi awal pengukuhan, diawali dengan iringan pengurus, dan tamu kehormatan disambut dan diiringi Tarian Likurai dari Persatuan Mahasiswa Biboki (Permabi) Kupang, kemudian dilanjutkan dengan misa pengukuhan oleh Pater David Amfotis, SVD. dan pemberian restu berupa berkat dari 4 (empat) Rohaniwan Katolik yakni Romo Valens Boy, Pr. Pater David Amfotis, SVD. Romo Cornelis Usboko, Pr. dan Romo Leo Manlea.

Ketua IKABI Kupang Periode 2021–2024, Erni Usboko

Ketua IKABI keempat, Erni Usboko (sapaan akrab, red) dalam sambutannya usai pengukuhan menyampaikan dengan Visi IKABI, memilih langkah operasional dengan mendata kembali sesama saudara yang mengalir darah Biboki, memperhatikan urusan pendidikan, kesehatan, dan ekonomi serta terlibat secara langsung dalam urusan kemanusiaan, terutama dalam duka dan bencana.

“Selain itu, mewariskan budaya sejak dini bagi pemuda-pemudi, pelajar dan mahasiswa-mahasiswi agar tetap menjaga dan melestarikan, menyebarkan dan menguatkan budaya Biboki melalui media serta menguatkan kekompakan dan persaudaraan dalam filosofi ‘Nekaf Mese Ansaof Mese’ melalui arisan bersama yang dilakukan setiap bulan dengan cara saling mengunjungi,” urai Erni, anak dari salah satu pendiri IKABI Kupang, Benyamin Usboko.

Erni pun berharap agar IKABI Kupang yang didirikan pada tahun 2000 oleh Sesepuh Biboki antara lain Anton Asten, Yohanes Manlea, Benyamin Usboko, dan Frans Subani; tetap mengedepankan kerja sama, saling bahu membahu, dengan spirit “Holopis Kuntul Baris” (semangat gotong royong yang dicanangkan oleh Bung Karno pada 1 Juni 1945, red).

Bupati TTU, Juandi David

Sementara itu, Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Juandi David dalam sambutannya menyampaikan kegembiraan atas pengukuhan Pengurus IKABI Periode 2021—2024 dan mengimbau Ketua IKABI agar dapat menghimpun semua keluarga Biboki di Kota Kupang.

Juandi David, Bupati TTU asal Biboki ini pun menjanjikan akan mendukung IKABI. “Saya dan Pak Bius (Wakil Bupati TTU, red) menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar Biboki dan mendukung IKABI,” ujar Bupati Juandi sembari mengungkapkan, sebelumnya telah mengukuhkan Ikatan Keluarga Biboki di TTU yang dihadiri sekitar 500-an orang.

Kepada Garda Indonesia, usai pengukuhan, Bupati Juandi menyampaikan harapan agar IKABI dalam komposisi kepengurusan baru dapat menghimpun semua keluarga Biboki di Kota Kupang. “ Jangan tercecer, kalau ikatan ini ada, maka kita mau lakukan apa pun pasti bisa termasuk urusan pemerintah maupun politik,” tandasnya.

Pose bersama IKABI Kupang Periode 2021–2024 bersama Bupati dan Wakil Bupati TTU

Adapun susunan pengurus IKABI periode 2021—2024 sebagai berikut:

Pelindung/Penasihat/Pembina               :

Rohaniwan : Romo. Valens Boy, Pr. Pater Gregorius Neonbasu, SVD. Pater David  Amfotis, SVD, 4. Romo Kornelis Usboko, Pr.  Romo Leonardi Manlea, Pr. Romo Arki Manek, Pr.

Awam   :  Benyamin Y. Usboko, Gabriel Oetpah, Yucundianus Lepa, Andreas Meak Manlea, Grabriel Manek, Yanuard Dally.

Ketua : Bernadeta Meriani Usboko

Wakil ketua I : Benyamin Tulasi

Wakil Ketua II : Aplonius Amsikan

Wakil Ketua III : Dewi  Sikone-Pantur

Sekertaris : Emmanuel Richardo Asten

Wakil Sekretaris : Josep M.R. Kia

Bendahara : Marselina Tanii

Wakil Bendahara : Antoneta M. Manlea

Koordinator Wilayah :

  • Kecamatan Kelapa Lima : Simon  Bauk dan Markus Anoit;
  • Kecamatan Kota Lama : –
  • Kecamatan Oebobo : Fransiskus  Oki dan Dominggas Nafanu;
  • Kecamatan Alak : Sipri Tulasi;
  • Kecamatan Kota Raja : –
  • Kecamatan Maulafa : Yulius Fouk, Endik Amfotis, dan Hanzon A. Damian Lepa

Urusan-Urusan   :

  • Urusan Pendataan dan Pemutakhiran Data : Emmanuel Richardo Asten dan Josep M.R.Kia;
  • Urusan Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi: Theresia Bano, Theresia Oetpah, dan Maria Yasinta Da Santo;
  • Urusan Kemanusiaan (Suka Duka): Yosep Manlea dan Jublina Bauk Loro;
  • Urusan Pemuda dan Kemahasiswaan :  Johannes M. Subani, Yosef Maan, dan Ketua Permabi;
  • Urusan arisan : Carolina Manehat dan Theresia Oetpah;
  • Urusan Keamanan dan Humas : Kristianus Tulasi dan Mathildis E. Manlea.

Penulis, editor, dan foto (+roni banase)