Semarak HUT Ke-76 RI ala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT

257 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Menyemarakkan HUT Ke-76 Republik Indonesia dalam masa pandemi Covid-19 ini, berbagai kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Bahkan kegiatan yang diterapkan di seluruh wilayah kerja Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi NTT dilaksanakan secara serentak dan serupa pun tetap menaati protokol kesehatan.

Adapun beragam kegiatan menyemarakkan HUT ke-76 RI di lingkup Kemenkumham Provinsi NTT antara lain :

  1. Donor Darah bagi ASN dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Kanwil dan UPT se-NTT;
  2. Lomba menghias ruangan antar-divisi di kantor wilayah;
  3. Lomba Satker terbersih, indah, dan harmonis se-UPT di Kota Kupang;
  4. Lomba membuat konten media sosial (medsos) antar-ASN Kemenkumham se-NTT;
  5. Lomba pengucapan Pembukaan UUD 1945 antar-ASN Kemenkumham se-NTT secara daring;
  6. Lomba tenis meja antar-ASN Kanwil dan UPT se-Kota Kupang;
  7. Lomba menggugah rasa nasionalisme bagi Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) dan DW serta purna bakti se-Kanwil Kemenkumham NTT wilayah Kota Kupang;
  8. Kegiatan Baksos NTT Peduli NTT Berbagi oleh persekutuan Kristen Oikumene Kanwil;
  9. Peringatan Detik-detik Proklamasi bagi ASN se-NTT;
  10. Pemberian remisi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan se-NTT.

Kegiatan Semarak HUT Ke-76 RI ala Kanwil Kemenkumham Provinsi NTT diawali dengan Donor Darah pada Senin, 9 Agustus 2021 di kantor wilayah dan kegiatan lain dilaksanakan di Lapas Kelas IIA Kupang dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Kupang, maupun secara daring dengan UPT se-NTT.

Kadis PMD dan PPPA Kabupaten Ngada, Yohanes. C.W. Ngebu (duduk) saat mendonorkan darahnya atas permintaan Kakanwil Kemenkumham Provinsi NTT, Marciana Dominika Jone (berdiri)

Donor Darah Semarak HUT Ke-76 RI di Kanwil Kemenkumham Provinsi NTT berhasil mengumpulkan 46 kantung darah dari para ASN, termasuk aksi donor darah para jajaran Pemda Kabupaten Ngada usai melaksanakan kegiatan Harmonisasi Ranperda Pembentukan Desa di Kabupaten Ngada bersama Kakanwil, tim perancang, Wakil Bupati, Setwan dan Pimpinan DPRD, Bapenperda Kabupaten Ngada. Tak ketinggalan, Kadis PMD dan PPPA Kabupaten Ngada Yohanes C. W. Ngebu, S.Sos., M.Si. dan tampak Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, Darwanto ikut donor darah.

“Sebagai peserta aktif donor darah dan diminta oleh Ibu Kakanwil (Marciana Dominika Jone, red) mengambil bagian, bagi saya menjadi kehormatan dari Kabupaten Ngada mengikuti donor darah,” ujar Joni Watu sapaan akrabnya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone mengatakan, aksi donor darah ini akan rutin dilakukan karena dimasa pandemi ini banyak masyarakat membutuhkan bantuan darah. “Ini bentuk dukungan kemanusiaan dari kami bagi saudara-saudara yang membutuhkan, terlebih di momen menjelang peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI ini, semoga apa yang kami sumbangkan dapat bermanfaat bagi nusa dan bangsa,” tandasnya.

Pantauan Garda Indonesia, sosok Kakanwil Perempuan Pertama di Kanwil Kemenkumham Provinsi NTT ini pun terlihat hilir mudik memperhatikan jalannya aksi donor darah dan menyiapkan diri untuk Harmonisasi Ranperda Kabupaten Rote Ndao dan Belu.

Penulis, editor dan foto (+roni banase)

(Visited 69 times, 1 visits today)