Bupati Belu Tutup Latihan Dasar Militer Mahasiswa Universitas Pertahanan

389 Views

Belu–NTT, Garda Indonesia | Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp.PD – KGEH, FINASIM tampil sebagai inspektur upacara penutupan latihan dasar militer (latsarmil) 175 orang mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) di Mako Yonif Raider Khusus 744/SYB, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis, 26 Agustus 2021, pukul 08.00 WITA.

Dalam amanat tertulis yang dibacakan, Bupati Belu selaku inspektur mengajak para peserta upacara dan undangan mengucapkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan rida–Nya sehingga masih diberikan kesehatan, kekuatan, keselamatan dan kesempatan untuk hadir dalam upacara penutupan Latsarmil Mahasiswa Fakultas Vokasi Unhan RI tahun akademik 2021/2022.

Latsarmil secara umum, ungkap inspektur dr. Agus Taolin, bertujuan membentuk sikap, perilaku, pengetahuan, dan keterampilan dasar kemiliteran, serta jasmani yang prima bagi kadet mahasiswa Fakultas Vokasi Unhan RI. Hal ini penting, guna mempersiapkan para kadet mahasiswa sebagai kader intelektual bela negara yang senantiasa siap menjadi bagian dari komponen pertahanan negara.

Di samping itu, latsarmil juga diharapkan mampu mewujudkan kadet mahasiswa yang memiliki identitas nasionalisme dan integritas, loyalitas, disiplin dan berjiwa korsa, serta memiliki keyakinan teguh terhadap Pancasila sebagai ideologi negara, cinta tanah air, dan rela berkorban untuk bangsa dan negara.

Pada prinsipnya, lanjut inspektur, sasaran dilaksanakannya latsarmil adalah untuk membekali mahasiswa sejak awal agar memiliki kapabilitas sebagai intelektual yang senantiasa tanggap, tanggon, dan trengginas. Tanggap berarti memiliki kadar intelektualisasi yang tinggi serta memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri, tanggon berarti memiliki tingkat kepribadian yang tahan uji dan ulet, trengginas berarti memiliki aspek jasmani yang prima sebagai modal dasar bagi mahasiswa dalam menunjang pelaksanaan perkuliahan dan proses belajar mengajar.

Selanjutnya, latsarmil pun memiliki nilai yang strategis lantaran menjadi sarana awal bagi penanaman rasa saling kerja sama, kepedulian dan jiwa karsa dalam menghadapi setiap kesulitan dan hambatan yang dihadapi dalam masa perkuliahan ke depan. Diharapkan, mahasiswa menjadi generasi muda harapan bangsa yang unggul dengan intelektualisasi yang tinggi, berjiwa patriot, berkarakter dalam bernegara, sekaligus menjadi kebanggaan bagi keluarga, masyarakat bangsa, dan negara.

Inspektur dr. Taolin menyampaikan selamat kepada para mahasiswa yang telah menyelesaikan tahap prakarsa dengan aman, dan siap melaksanakan perkuliahan dengan segala tantangan dan kompleksitasnya. “Perjuangan kalian, jaga kesehatan dan kekompakan seperti yang sudah kalian tunjukkan selama melaksanakan latsarmil di tempat yang kita banggakan, yakni Batalyon Infanteri Raider Khusus 744/SYB. Pada kesempatan ini pula, saya mengucapkan terima kasih kepada para komandan Raider Khusus 744/SYB dan segenap jajaran yang menyukseskan kegiatan latsarmil ini. Dan, apresiasi juga kami sampaikan kepada para pelatih/pembina atas dedikasinya dalam membina para kadet mahasiswa Unhan RI, sehingga terbentuk karakter, sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur bela negara,” imbuhnya.

“Akhirnya, saya selaku Bupati Kabupaten Belu menyatakan pada hari ini, Kamis 26 Agustus 2021 pukul 8.10 WITA, Pelatihan Dasar Militer kadet mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Pertahanan Republik Indonesia tahun akdemik 2021/2022 secara resmi ditutup,” ujar Bupati Belu mengakhiri amanatnya.

Usai upacara penutupan, mahasiswa mempertontonkan atraksi pengenalan PBB, bongkar pasang senjata, karate, pencak silat, taekwondo dan pemecahan benda padat.

Untuk diketahui, upacara pembukaan pelajar mahasiswa Unhan direncanakan akan dilaksanakan pada Selasa, 31 Agustus 2021 di Asmil Yonif 744/SYB secara virtual.

Hadir dalam upacara, Rektor Universitas Pertahanan Republik Indonesia yang diwakili oleh Plt. Dekan Fakultas Vokasi Unhan RI Brigade Jenderal Agus, Danrindam IX Udayana, Danyonif Raider Yonif Khusus 744/SYB, Kol Laut (E) Dr. Agus Adryanto, ST. M.M, CIQnR, CIQaR. IPU Wadek Fakultas Vokasi Unhan RI, Komandan Kodim 1605/Belu Letkol Inf Wiji Untoro, Danyonif RK 744/SYB, Wadan Satgas Pantas RI-RDTL Sektor Timur, Jajaran Perwira dan PNS Unhan, Kominfo Unhan Letkol Novky, Perwira staf Yonif RK 744/SYB, Toko Agama, Tokoh Adat, Dosen Universitas Unhan, dan Insan Pers. (*)

Penulis + foto: (*/Herminus Halek)

(Visited 173 times, 1 visits today)