Tak Hanya Apresiasi Rutan SoE Semakin Asri dan Bersih, Ini Nasihat Merci Jone

Loading

SoE, Garda Indonesia | Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone saat mengunjungi Rutan SoE, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) pada Sabtu, 13 November 2021; mengapresiasi kinerja dan terobosan yang dilakukan Kepala Rutan SoE, Nixon Osingmahi.

Rutan SoE mampu diubah oleh Nixon Osingmahi, dari tempat yang dianggap angker menjadi asri, bersih dan nyaman.

“Saya sangat mengapresiasi langkah Karutan beserta jajaran yang bisa mengubah Rutan menjadi lebih bersih dan indah dipandang mata, namun tetap memperhatikan sisi keamanan dengan baik,” ujar Merci Jone sapaan akrab Kakanwil Kemenkumham NTT.

Saat berkeliling melihat kondisi Rutan SoE, Merci Jone menyaksikan suasana asri dan sejuk mulai terasa saat memasuki pagar dan halaman depan Rutan dengan suguhan pemandangan kebun sayur yang tertata rapi, di mana dulunya taman tersebut tidak difungsikan sama sekali. Begitu pula di luar Rutan tak kalah asri dan bersih, dinding-dinding ruangan juga dihiasi dengan mural berupa tulisan-tulisan pembangkit semangat.

“Dengan terbentuknya lingkungan kantor yang bersih dan asri, akan memberi dampak psikologis yang positif baik itu kepada petugas, warga binaan pemasyarakatan (WBP), stakeholder ataupun masyarakat penerima layanan,” ujarnya.

Kakanwil Merci yang didampingi Kabag Program dan Humas, Mariana R. Manuhutu juga berkesempatan memimpin apel pagi bagi seluruh jajaran Rutan SoE dan para WBP/Tahanan.

Merci Jone saat memantau langsung aktivitas di dapur Rutan SoE

Dalam arahannya, Kakanwil Merci menyampaikan ungkapan terima kasih kepada jajaran Rutan SoE dan seluruh WBP/Tahanan atas kerja kerasnya sehingga tercipta suasana yang nyaman dan asri.

“Hal ini merupakan salah satu bentuk mewujudkan tata nilai PASTI, saya juga meminta agar selalu bekerja dengan hati, hindari segala bentuk kekerasan baik fisik maupun verbal, pungutan liar serta segala bentuk pelanggaran yang dapat merusak nama baik instansi,” tegas Merci Jone.

Sementara, kepada WBP dan Tahanan, ia berpesan agar selalu menjaga kekompakan antara sesama maupun dengan petugas, serta menjaga kesehatan tubuh dan pikiran sehingga tidak mudah stres dalam menjalani masa tahanan.

Pada arahan terpisah kepada petugas di aula Rutan SoE, Kakanwil Merci kembali mengingatkan terkait evaluasi pelaksanaan tugas dan persiapan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Merci Jone memaparkan hasil monitoring yang dilakukan, di mana masih perlu beberapa pembenahan di area pelayanan publik, belum tersedianya maklumat pelayanan dan jenis-jenis layanan serta masih perlu penambahan di beberapa area agar lebih menggelorakan semangat menuju WBK.

“Terus lakukan berbagai inovasi-inovasi untuk mempercepat dan mempermudah layanan, tingkatkan kedisiplinan dan integritas, dengan hal tersebut predikat WBK menjadi lebih mudah untuk diraih,” pintanya.

Selesai pengarahan, Kakanwil Merci Jone berkeliling melihat kondisi dapur dan blok, serta menyempatkan diri berdialog dengan beberapa tahanan baru untuk memastikan pelayanan pemberian bantuan hukum telah berjalan dengan baik. (*)

Sumber dan foto (*/Humas Kumham NTT)

Editor (+roni banase)