Kunjung TBM Cendekiawan TTS, Duta Baca Indonesia Beri Motivasi

Loading

SoE, Garda Indonesia | Duta Baca Indonesia, Gol A. Gong mengunjungi Taman Baca Masyarakat (TBM) Cendekiawan Desa Mnelalete, Kecamatan Amanuban Barat, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Rabu 6 April 2022. Kunjungan itu bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para peserta agar terus membaca dan menulis demi mewujudkan literasi di wilayah TTS.

Pantauan Garda Indonesia, rombongan Gol A. Gong disambut dengan tarian dan ‘natoni’ adat oleh anak – anak TBM Cendikawan, dan dihadiri Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten TTS, Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kabupaten TTS, Ketua FTBM Provinsi NTT Polikarpus Do.

Gol A. Gong menjelaskan bahwa safari literasi adalah program inovasi yang bermaksud untuk menemukan akar masalah literasi membaca dan menulis sesungguhnya di Indonesia, khususnya TTS.

“Mengapa kita selalu dihina dan dihakimi sebagai bangsa yang rendah terkait minat membaca dan menulis? Saya sudah menemukan jawabannya bahwa sebetulnya masyarakat Indonesia bukan minat bacanya yang rendah, tetapi karena bukunya sedikit. Dan, kenapa bukunya sedikit? Karena penulisnya juga sedikit. Kenapa penulisnya sedikit? Karena guru – guru Bahasa Indonesia belum maksimal melatih murid – muridnya untuk menulis. Itulah alasan yang membuat saya dari Duta Baca Indonesia turun langsung ke TBM – TBM di sini,” ungkapnya, sembari berharap ke depannya, upaya ini bisa menjadi maksimal sehingga penulis pun semakin banyak.

Ketua FTBM Kabupaten TTS, Levinus Asbanu mengatakan, bahwa perkembangan taman baca ini sangat masif. Terkait perkembangan FTBM di Kabupaten TTS, pihaknya telah membentuknya, meski belum setahun, tetapi dengan kondisi penuh keterbatasan terus berupaya dan telah bergerilya di 32 (tiga puluh dua) kecamatan, membangun kerja sama dengan gereja dan para guru di sekolah, termasuk PGRI Kabupaten TTS untuk berkolaborasi dalam rangka gerakan literasi di TTS. Saat ini, sudah ada 25 (dua puluh lima) TBM yang dibentuk dan akan dibentuk lagi TBM – TBM lainnya.

Lefinus berharap, kehadiran Duta Baca Indonesia bisa memberikan motivasi dan spirit bagi para pengurus FTBM TTS untuk terus bergerak. (*)

Penulis (*/Daud Nubatonis)

Editor (+Herminus Halek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *