Kumham NTT Terima Empat Penghargaan dari DJPB

Loading

Kupang, Garda Indonesia | Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur (Kemenkumham NTT) menerima penghargaan dari Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Piagam penghargaan tersebut diterima Kepala Kantor Wilayah, Marciana Dominika Jone pada Kamis 25 Agustus 2022 di aula Kanwil DJPB Provinsi NTT pada lantai 6 gedung Keuangan Negara.

4 (empat) penghargaan sekaligus diterima Kanwil Kemenkumham NTT dan jajaran Satker. Empat Penghargaan diterima Kakanwil Marciana selaku Koordinator Wilayah dari 27 Satuan Kerja dengan Predikat Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Terbaik 1 kategori Pagu Sedang, Terbaik 1 Kantor Wilayah dengan predikat Laporan Keuangan Tingkat Wilayah (UAPPA-W), Dipa Ditjend Kekayaan Intelektual (408885) dan Ditjend Administrasi Hukum Umum (408882) yang mendapat nilai 100 dalam penilaian IKPA.

Selain penghargaan dalam penilaian IKPA, Kanwil Kemenkumham NTT juga menerima penghargaan untuk penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Bendahara pada Dipa Setjen (408886), Dipa Ditjen Imigrasi (408884), Dipa Ditjen PAS (408883), Dipa Ditjen HAM (408888), Dipa Balitbangham (408890).

Seluruh penghargaan tersebut diserahkan Kepala Kanwil DJPB Provinsi NTT, Catur Ariyanto Widodo langsung kepada Kakanwil Kemenkumham NTT. Catur mengapresiasi kinerja baik dari Kanwil Kemenkumham NTT selama ini dalam pengelolaan keuangan.

“Bukan kali pertama Kanwil Kemenkumham NTT bersama jajaran mendapatkan reward sebagai penghargaan atas kerja kerasnya, hal ini sebagai bukti keseriusan seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham NTT sudah menjalankan asas keterbukaan dan profesional dalam pengelolaan keuangan negara yang terus meningkat,” ungkapnya.

Tercatat, Kanwil Kemenkumham NTT yang memiliki 9 Dipa dan 26 Satuan Kerja se-NTT selalu mendapatkan penghargaan dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan di setiap semester.

Di momen tersebut, Kakanwil Merci Jone diminta memberikan testimoni dan berbagi ide dalam pembinaan pengelolaan keuangan kepada seluruh kementerian/lembaga yang diundang. Dalam testimoninya, ia menyampaikan terima kasih kepada pihak Kanwil DJPB Provinsi NTT yang selama ini terus mendukung Kanwil Kemenkumham NTT dalam pelaksanaan tugas dan fungsi terutama dalam bidang pengelolaan keuangan negara.

“Mekanisme pengelolaan anggaran berbasis kinerja terus kami laksanakan sehingga kualitas pelaksanaan anggaran kami tercermin dalam optimalnya capaian output dan realisasi anggaran kami. Evaluasi secara berkala demi peningkatan SDM juga kami laksanakan dan tentunya hal ini tidak terlepas dari dukungan jajaran Kanwil DJPB yang selalu men-support kami dalam pelaksanaan kinerja Kemenkumham,” ujarnya.

Poin penting yang juga disampaikan Kakanwil Merci Jone dalam testimoninya adalah bagaimana Kanwil Kemenkumham NTT telah menerapkan regulasi dalam pengelolaan keuangan khususnya PMK 190/PMK. 05/2012 tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Merci Jone pun berharap sinergitas yang telah ada tetap terjaga sehingga masukan dan saran terus diberikan untuk perbaikan dan peningkatan ke depannya. “Saya harap sinergitas yang ada kiranya tetap terjaga, masukan dan saran terus diberikan kepada kami untuk perbaikan dan peningkatan kualitas penyusunan laporan keuangan yang benar dan sesuai demi kelangsungan setiap program dan kegiatan yang transparan dan akuntabel,” pintanya.

Kemenkumham NTT, imbuh Merci Jone, terus berupaya melaksanakan berbagai program dan kegiatan untuk meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran dan mengakselerasi realisasi terutama belanja barang dan belanja modal, sesuai dengan langkah-langkah strategis dalam rangka percepatan pelaksanaan anggaran.

Merci Jone juga diundang menyaksikan peluncuran inovasi Laser (Layanan Revisi Satu Jam). Inovasi layanan ini bertujuan untuk mempercepat proses penyelesaian usulan revisi satuan kerja sehingga dapat bermanfaat dan mendorong akselerasi belanja APBN dalam mendukung program pemulihan ekonomi nasional/regional.(*)

Sumber (*/Humas Kumham NTT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *